Tip Agar Terhindar dari Kebiasaan Berfikir Negatif

Pada dasarnya kita hidup didunia tidak akan tahu apa yang akan terjadi dimasa depan, sehingga terkadang membuat kita memiliki rasa khawatir dalam hati. Apabila ini terjadi pada kita mungkin bisa dibilang biasa sebagai manusia biasa yang memiliki perasaan, namun jangan anggap sepele jika anda terus-menerus melakukannya secara tidak sadar akan menjadi kebiasaan yang akan merugikan diri kita sendiri. 

Apabila kita terbiasa berfikir yang positif maka juga akan berpengaruh pada jiwa dan raga, sehingga kita akan selalu hidup bahagia dan sehat jasmani dan rohani. Memang tidak bisa dipungkiri apabila kita sedang mendapat masalah yang terasa sangat berat, setiap manusia akan cenderung berfikir negatif, namun dalam hal ini ada orang yang mampu mengontrolnya dengan baik sehingga tidak terlalu berimaginasi akan hal yang buruk terhadap sesuatu yang tidak pasti, namun ironisnya ada orang yang berlebihan berfikir negatif sehingga membuatnya selalu cemas.

Oleh karena itu sebagai manusia kita harus selalu berusaha berfikir positif dalam keadaan apapun sehingga kita akan terhindar dari stres. Berbicara memang terdengar mudah karena sebagian dari kita pasti akan beranggapan, tidak tahu apa yang menimpa diri kita yang sedang mendapat ujian. Namun sebagai manusia kita harus tetap selalu berusaha sebisa mungkin untuk memeranginya, karena jika hanya berfikir sesuatu yang tidak pasti tanpa tindakan juga tidak ada gunanya.  
Berikut beberapa tip agar terhindar dari kebiasaan berfikir negatif :

1. Jangan membiasakan diri untuk melamun sendirian :  hal ini memang terlihat sepele, namun bagaimanapun juga ini adalah sebuah kebiasaan sehingga apabila kita menerima masalah yang kecil saja, pasti akan cenderung melamun dan berfikir yang buruk melebihi masalah yang dihadapi, karena semua sudah menjadi kebiasaan.

2. Perbanyaklah kegiatan positif untuk mengisi hidup anda : jangan tinggalkan hobi, perbanyaklah pergaulan agar anda memiliki banyak kegiatan sehingga tidak ada waktu untuk melamun.

3. Apabila anda seorang muslim, pasti kita semua tahu Suudzon yang diartikan sebagai berburuk sangka terhadap sesuatu yang belum pasti akan kebenarannya, baik itu kepada diri sendiri, kepada orang lain, maupun kepada Allah SWT.

Ingatlah hal ini adalah salah satu yang diharamkan sehingga mari kita   renungkan dan rasakan, agar kita juga terhindar dari dosa, selain itu jika kita selalu berfikir positif atau sebisa mungkin menghindari pikiran negatif hasilnya kita sendiri yang akan menikmati.

4. Hargailah diri kita sendiri dan percaya diri: jangan remehkan diri kita sendiri, mari kita besarkan hati kita selama tidak menimbulkan sikap sombong dan angkuh.

5. Syukuri hidup kita dan jadilah diri kita sendiri : syukuri apa yang kita miliki sekarang, sadarilah pasti masih banyak orang lain yang lebih kurang beruntung.

6. Seperti poin diatas jangan Suudzon, namun hal ini kepada orang lain : jangan terburu-buru berburuk sangka terhadap orang lain yang belum jelas buktinya, tidak hanya dosa hal ini juga akan menimbulkan permusuhan, kebencian yang akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

7. Hargailah orang lain : jangan suka bergosip, mencari-cari kelemahan orang lain, bahkan juga menutupi kelebihannya, mari sadari banyak orang lain yang lebih baik dari kita dan buang jauh perasaan iri dan dengki.

Untuk poin 6 dan 7 memang seperti tidak ada kaitannya dengan diri kita, namun percayalah jika kita tidak menghargai dan sering berburuk sangka terhadap orang lain, hal ini juga akan sangat berpengaruh untuk menjadikan kita terbiasa berfikiran buruk terhadap apapun.

8. Percayalah Tuhan Maha Adil : sadari semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Demikian tip agar terhindar dari kebiasaan berfikir negatif, kami yakin masih banyak lagi tip-tip lain selain yang tersebut di atas, dan jika anda ingin menambahkan silahkan berkomentar dibawah.

0 comments:

Post a Comment