Memanfaatkan Laron sebagai Alternatif Umpan Memancing Mujair

Serangga yang satu ini sering muncul ketika musim hujan dan malam hari, yang sangat gemar mendekati cahaya lampu di rumah-rumah. Mereka sering bergerombol dan berterbangan mencari cahaya di malam yang gelap, sehingga terkadang membuat banyak orang yang geli, takut namun juga banyak yang juga suka. Jenis serangga apakah ini?, dan jawabannya adalah Laron atau anai-anai.

Pada dasarnya serangga ini adalah hasil dari metamorfosis dari rayap yang sering memakan kayu dan sering membuat sarang di bawah tanah. Menariknya jenis serangga yang kebanyakan membuat jengkel masayarakat karena sering mengotori rumah, ternyata ada sebagian masyarakat di beberapa daerah yang mengkonsumsinya sebagai lauk, bahkan terkadang juga dijumpai di pasar-pasar tradisional  untuk dijajakan.

Fakta unik lainnya dari laron selain sebagai lauk, serangga ini juga dijadikan salah satu alternatif bagi para pemancing untuk dijadikan umpan. Biasanya umpan ini dimanfaatkan untuk memancing ikan nila atau mujair yang sering hidup di perairan tawar seperti rawa, sungai, danau, dan lain-lain, karena pada dasarnya ikan mujair pada habitat aslinya juga memburu serangga-serangga kecil yang hidup disekitarnya.

Jika anda seorang pemancing yang ingin mencoba peruntungan dalam berburu ikan mujair dengan umpan ini, berikut beberapa tip sederhana yang bisa anda coba untuk menggunakan umpan laron atau anai-anai.

1. Tangkaplah laron pada malam hari sebanyak-banyaknya, dan masukan kedalam sebuah tempat, jangan sampai sayap patah agar sampai pagi hari masih hidup dan masih segar.

2. Setelah pagi hari sebelum berangkat memancing, bersihkan sayap-sayap laron dan masukan kedalam tempat yang tertutup. Hal ini karena agar laron tidak terkena panas sehingga tidak mudah mati sehingga masih segar untuk dijadikan umpan memancing.

3. Pilihlah mata pancing yang tipis (biasanya merk mata pancing adalah Carbon, dan berwarna biru). Hal ini karena laron sangat rapuh, apalagi yang sudah mati.

4. Jangan hanya gunakan satu laron dalam satu mata pancing, gunakan sebanyak mungkin untuk bisa terpasang pada mata pancing.

Menurut kami sendiri umpan laron ini bukanlah yang utama untuk memancing mujair, karena pada dasarnya umpan paling ampuh untuk mujair adalah lumut sawah dan rebon(udang-udang kecil). Sehingga bagi anda yang ingin memancing ikan mujair jangan hanya membawa umpan laron saja, namun tetap harus membawa lumut sawah sebagai umpan utama.

Selain itu terkadang jika anda memancing dengan umpan ini, hasil tangkapan juga tidak sebatas mujair saja, namun kemungkinan juga jenis ikan karnivora lain yang sering hidup di air tawar seperti red devil, lauhan, bethik, dan lain-lain.  Selamat mencoba 

0 comments:

Post a Comment