8 Tip Membangun Rasa Percaya Diri

Setiap manusia dilahirkan didunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka kita harus selalu sadar tidak ada yang sempurna kecuali Sang Khalik. Terkadang kita merasa memiliki banyak kekurangan di banding orang lain sehingga di lingkungan tertentu akan membuat kita minder atau kurang percaya diri sehingga cepat atau lambat akan membuat kita merasa tersiksa.

Hal ini tentu saja akan sangat merugikan diri kita sendiri dan juga akan berpengaruh pada keberhasilan hidup anda, karena apabila kita kurang percaya diri pada satu poin tertentu akan besar kemungkinan menutup kelebihan lain yang sebenarnya anda miliki sehingga potensi diri anda akan terus terpendam atau tidak bisa maksimal dalam mengembangkan potensi diri yang lain.

Oleh karena itu ada baiknya mari kita bersama-sama untuk melatih rasa percaya diri kita, agar kita juga bisa menjadi manusia yang lebih berkualitas dan hidup lebih bahagia. Berikut beberapa tip yang mungkin bisa anda coba agar kita bisa lebih percaya diri
1. Jangan takut gagal, karena pada umumnya jika seseorang merasa demikian akan selalu dihantui rasa bersalah jika akan melalukan sesuatu, mudah trauma dan sulit untuk bangkit. Oleh karena itu jadikan kegagalan adalah sebuah pembelajaran untuk meraih yang lebih baik.

2. Ada kalanya pujilah diri anda sendiri, hargailah diri anda sendiri akan kelebihan atau prestasi sekecil apapun, namun dalam arti positif yaitu tidak menjadikan anda sombong apalagi takabur.

3. Jangan jadikan kelemahan-kelemahan pada diri kita sebagai penghalang, kenali diri kita akan potensi dan kemampuan. Walaupun hal ini memang tidak semudah hanya bertutur kata, namun setidaknya anda harus berani melawan sedikit demi sedikit dari apa yang menjadi penghalang dalam diri anda untuk meraih sesuatu.

4. Lebih seringlah berfikir positif mengenai diri anda sendiri, tekan sebisa mungkin pikiran-pikiran negatif dari diri anda sendiri. Jika memang anda merasa memiliki kekurangan berusahalah sebisa mungkin jangan dirasakan dan jangan terlalu dipikirkan.

5. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan bahkan juga memalukan, jangan terlalu menyalahkan diri-sendiri terus-menerus yang akan terus membelenggu diri anda. Renungkan dan ambil hikmahnya semoga di kemudian hari kita bisa lebih baik.

6. Cintailah diri anda sendiri, cobalah berpenampilan yang baik agar orang lain memberikan kesan yang baik buat anda, walaupun anda tidak mengenalnya sekalipun.

7. Jangan tinggalkan hobi anda, karena hobi juga bisa membawa kita kepada self esteem yang lebih baik

8. Jadilah diri anda sendiri dengan kelebihan dan kekurangan yang anda miliki, syukurilah apa yang kita miliki pada diri kita.

Demikian tip-tip dari kami dan jika anda ingin menambahkan silahkan berkomentar pada kotak dibawah, karena kami yakin masih banyak tip-tip lain selain di atas yang bisa berguna buat kita semua. 

0 comments:

Post a Comment