Tip Mencari Info Lowongan Kerja yang Bisa Dipercaya

Lulus kuliah atau sekolah adalah hal yang membanggakan buat kita karena usaha dan perjuangan kita di dunia pendidikan telah usai, dan tentunya juga harus disyukuri. Namun perjuangan hidup tentu saja belum selesai sampai disini saja, bahkan dengan lulus dari kuliah hidup anda mengalami babak baru untuk bisa terjun ke masyarakat dan menerapkan ilmu yang sudah anda miliki.

Di negeri kita yang sangat besar dengan jumlah penduduk yang tergolong sangat banyak, sangat ironis karena jumlah lapangan pekerjaan yang masih sempit, sehingga mengakibatkan angka pengangguran meledak. Namun sebagai manusia kita harus tetap berusaha dan berdoa untuk meraih cita-cita kita untuk menjadi manusia yang berguna.

Dalam mencari pekerjaan tentu saja anda harus mencari informasi lowongan pekerjaan terlebih dahulu dan kemudian mengajukan lamaran kepada perusahaan yang ingin anda tujukan. Namun ironisnya terkadang setelah kita mendapatkan sebuah informasi lowongan pekerjaan kemudian mengajukan lamaran dan dipanggil, ada diantara kita yang kecewa karena pada kenyataannya informasi tersebut terkadang tidak sesuai dengan apa yang tertulis pada iklan (bidang pekerjaan yang dijanjikan tidak sesuai dengan iklan). Bahkan lebih buruknya ada yang berujung pada penipuan.
Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan berbagi sedikit tip, tentang cara mencari informasi pekerjaan yang bisa dipercaya, yang kemungkinan juga akan menjauhkan kita pada penipuan.

1. Pilihlah informasi pekerjaan melalui bursa kerja karena anda bisa bertemu langsung dengan pihak dari perusahaan sehingga lebih bisa dipercaya. Bursa kerja pada umumnya sering di adakan di universitas-universitas yang baru saja mengadakan acara wisuda.

2. Carilah informasi di Depnaker, karena biasanya lembaga seperti ini memiliki informasi yang jelas mengenai profil perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja di wilayah setempat, sehingga juga bisa dipercaya.

3. Jika anda mencari info di surat kabar dan internet pilihlah iklan dengan tulisan dengan kriteria jelas dan panjang, tampilan iklan bagus, nama perusahaan jelas, dan alamat jelas.

Jangan memilih iklan pada surat kabar dan internet yang menjanjikan gaji berlebihan, atau mungkin alamat tidak jelas(biasanya menggunakan PO BOX), karena jika demikian ada kemungkinan kurang bisa dipercaya, bahkan lebih buruknya apabila ada unsur penipuan.

4. Ada baiknya jika anda bertanya langsung atau melamar langsung tanpa melalui pos atau email, ke sebuah perusahaan yang masih tergolong baru karena kemungkinan perusahaan ini membutuhkan karyawan. 

5. Carilah informasi dari mulut ke mulut dari sumber yang bisa dipercaya seperti teman atau keluarga. Karena terkadang informasi pekerjaan pada suatu perusahaan tidak dipublikasikan dengan alasan agar tidak terlalu banyak yang melamar, atau alasan lain seperti  butuh tenaga kerja yang lebih bisa dipertanggung-jawabkan melalui orang yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.
 
Demikian beberapa tip dari kami, jika anda memiliki pengalaman yang berbeda silahkan tambahkan di kotak komentar dibawah yang semoga bisa berguna bagi kita semua.

0 comments:

Post a Comment