Mengenal Wedang Coro dan Cara Membuatnya Sendiri

Masih seputar minuman khas tradisional Indonesia, jika sebelumnya kami meninjau Wedang Uwuh dari Yogyakarta, maka kali ini kami akan mengulas salah satu minuman khas lainnya yang bernama Wedang Coro. Berdasarkan dua sumber yang berbeda minuman ini menurut Wikipedia berasal dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah, sedangkan berdasarkan website Travel.Kompas.com mengatakan wedang Coro merupakan minuman tradisional Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang masih dilestarikan masyarakat Desa Undaan Tengah.

Nama dari minuman ini juga sangat unik, karena wedang dalam bahasa Jawa yang di artikan sebagai minuman, sedangkan arti dari Coro adalah cara. Minuman atau wedang ini memiliki rasa segar yang dipercaya bisa menghangatkan badan dan menghilangkan rasa capek dan biasanya disajikan dalam keadaan panas atau hangat yang akan memberikan perpaduan rasa gurih, manis dan sedikit pedas.

Berdasarkan sumber di website Kompas, wedang Coro juga menjadi salah satu minuman warisan leluhur secara turun temurun dan di Kudus juga dikaitkan dengan tradisi pertanian. Sayangnya minuman ini jarang bisa kita temukan didaerah lain, namun jika dilihat dari namanya saja akan membuat kita langsung penasaran, seperti apakah minuman ini?. 
Oleh karena itu jika anda ingin mencicipinya dan kesulitan untuk bisa mendapatkannya, anda bisa coba untuk membuatnya sendiri. Jika anda tidak tahu resepnya dan cara membuatnya silahkan baca uraian yang ada dibawah ini.

Resep Wedang Coro :
Jahe yang telah iris tipis 150 gram
Gula merah 150 gram
Santan 400 ml
Daun pandan 1 lembar daun Pandan
Jamu jahe siap beli 1,5 satu sendok makan
Kelapa muda 100 gram

Cara Membuatnya :
1. Rebuslah beberapa bahan seperti jahe, gula merah, santan dan daun pandan sampai benar-benar mendidih
2. Potonglah kelapa muda dengan bentuk kotak--kotak kecil
3. Jika semua sudah siapkan beberapa gelas, kemudian tuangkan kedalam gelas adonan nomer 1 yang sudah masak ditambah dengan irisan kelapa muda dan jamu jahe.

Sangat mudah bukan, sekarang anda bisa mencicipi minuman tradisioanal yang bernama Wedang Coro sambil santai nonton acara televisi, atau sambil santai di teras rumah atau teras belakang bersama teman-teman anda.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Wedang_Coro
http://travel.kompas.com/read/2012/04/03/11444223/Wedang.Coro.Masih.Dilestarikan.Masyarakat.Undaan.

0 comments:

Post a Comment