Adon-adon Coro Minuman Khas Jepara dan Cara Membuatnya

Baru saja kami menulis tentang Wedang Coro minuman penghangat badan tradisional Jawa, namun ternyata juga ada minuman sejenis lain yang namanya cukup mirip yaitu Adon-adon Coro. Walaupun namanya mirip kedua minuman ini sebetulnya sangat berbeda, karena Adon-adon Coro sendiri sebenarnya adalah salah satu jenis jamu yang berasal dari kota Jepara Jawa Tengah.

Menariknya walaupun minuman ini merupakan sebuah jamu, namun uniknya memiliki rasa yang manis dan tidak pahit sehingga banyak orang yang menyukainya. Adon-adon Coro dibuat dari beraneka ragam rempah-rempah sehingga jika kita meminumnya akan membuat badan kita terasa hangat dan segar, oleh karena itu akan sangat cocok dinikmati ketika musim penghujan atau malam hari.

Jika dilihat dari namanya Adon-adon sendiri memiliki arti sebagai ramuan-ramuan, sedangkan Coro bisa di artikan sebagai cara dan apabila dengan ejaan huruf O yang lain Coro juga bisa diartikan dengan kecoa. Namun jangan salah sangka terlebih dahulu, karena walaupun namanya Coro, bukan berarti minuman atau jamu ini menggunakan bahan kecoa.

Jika anda sedang berkunjung ke kota Jepara, anda bisa dengan mudah mendapatkan minuman ini yang dijajakan di alun-alun kota tersebut. Namun sayangnya di beberapa daerah lain, sangat sulit untuk bisa menemukan penjual minuman ini, sehingga kita yang tinggal diluar daerah jika penasaran ingin mencicipinya harus berkunjung di kota tempat kelahiran R.A Kartini atau Jepara.

Namun jangan kuatir masih ada solusi buat kita yang tidak sempat berkunjung di kota kelahiran salah satu pahlawan nasional R.A Kartini yaitu Jepara. Solusi ini tidak lain adalah dengan cara membuatnya sendiri, dan jika anda ingin tahu resep dan cara membuatnya bacalah uraian singkat dibawah.
Siapkanlah beberapa bahan seperti jahe, gula merah, santan, potongan kelapa muda (dibakar), dan jamu (rempah-rempah). Jika sudah kemudian rebuslah Jahe, Gula merah, Santan,dan potongan kelapa sampai benar-benar mendidih (kecuali jamu). Raciklah jamu penolak masuk angin, dan jika semuanya sudah cara menghidangkannya adalah menggunakan mangkuk, kemudian masukan satu sendok jamu dan siramlah wedang jahe yang sudah dibuat. Sebagai catatan, untuk menambahkan jamu bisa sesuai dengan keinginan anda sehingga bisa iya atau tidak terserah anda.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Adon-Adon_Coro#Keunikan
http://www.duniakuliner.info/2012/04/adon-adon-coro.html

0 comments:

Post a Comment