Resep Wedang Uwuh, Manfaat dan Asal-Usulnya

Sebelumnya kami mengulas salah satu minuman khas Jawa Barat yang bernama Bandrek, dan kini mari kita menuju Yogyakarta dan melirik salah satu minuman atau wedang tradisional khas asal daerah tersebut yang bernama wedang Uwuh. Minuman ini pada dasarnya juga menyehatkan dan membuat badan menjadi terasa segar dan hangat karena salah satu bahan yang digunakan adalah jahe.

Secara umum wedang ini dikenal masyarakat berkhasiat bisa meredakan batuk maupun menambah vitalitas, dan berdasarkan sumber dari Kesehatan.Kompas.com, wedang Uwuh bisa melancarkan peredaran darah, menurunkan kolesterol dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati karena wedang ini menggunakan jahe sebagai salah satu bahannya.

Dr Michael dari Herbacure juga meneliti beberapa bahan yang digunakan dalam wedang Uwuh juga bermanfaat untuk menghilangkan nyeri, meredakan perut mulas karena masuk angin, dan mengatasi gangguan lambung karena menggunakan daun pala yang mengandung saponin, polifenol, dan flavonoid. Selain itu Berdasarkan penelitian di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), kayu secang sebagai salah satu bahan dari minuman ini juga bermanfaat untuk antioksidan, antikanker, dan melegakan pernapasan. 

Uniknya jika dilihat dari namanya arti Uwuh sendiri adalah sampah, karena wedang ini terdapat banyak bahan herba yang disajikan tanpa disaring, sehingga dianggap mirip sampah. Jika anda sedang berlibur ke Yogyakarta terutama bagian selatan seperti Kabupaten Bantul atau daerah Jogja lainnya, anda bisa membelinya sebagai oleh-oleh dalam bentuk kemasan sehingga mudah untuk disajikan.
Kabarnya minuman kemasan khas yang berasal dari Jogja ini juga sudah tersebar diberbagai daerah di Indonesia, yang tersedia di beberapa toko atau super market. Namun jika anda ingin mencoba sendiri untuk membuatnya, berikut adalah resep dan cara membuat wedang Uwuh.

Resep wedang Uwuh :

1. 1500 ml air
2. 2 jari jahe
3. 6 lembar daun pala kering
4. 80 gram serutan kayu secang kering
5. 100 gula batu atau jika tidak ada bisa diganti gula pasir
6. 6 lembar daun cengkeh kering
7. 15 butir cengkih
8. 4 lembar daun kayu manis kering

Cara membuatnya :
1. Bakarlah jahe terlebih dahulu kemudian dimemarkan
2. Masukan semua bahan diatas kedalam panci, kemudian rebus hingga benar-benar mendidih
3. Jika sudah mendidih kemudian angkatlah, penyajian bisa disaring atau tidak.
4. Siapkan beberapa gelas dan tuangkan.

Sumber manfaat wedang Uwuh diatas diambil dari Kesehatan.Kompas.com, dan jika anda ingin tahu manfaatnya lebih lengkap kunjungi link tersebut 

2 comments:

  1. Saya pernah coba beberapa merk wedang uwuh yang ditawarkan di pasaran maupun di online shop, dari beberapa merk tersebut yang paling saya sukai dan yang rasanya paling enak menurut saya sih Wedang Uwuh Angkringan Jogja ...
    Ciri kemasannya pake tas kertas model jadul & etnik cocok banget ama ketradisionalannya....

    Soal harga sih menurut saya sesuai dengan rasanya....
    Kata orang ada Rasa ada harga....
    Hampir tiap malam saya mengkonsumsi wedang uwuh angkringan jogja ini untuk menjaga kesehatan...
    Hasilnya tiap hari fit siap tempur bro...
    Saya biasa beli di toko oleh-oleh seputaran Jogja.
    Kalo ga salah websitenya www.angkringan-jogja.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke terima-kasih masukannya mas bro, semoga juga bisa bermanfaat untuk pembaca yang lain

      Delete