Resep dan Cara Membuat Puding Tapai Ketan Sederhana

Tape atau tapai ketan adalah sebuah jajanan pasar yang dihasilkan dari proses fermentasi dimana memiliki rasa yang manis dan sedikit masam yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Seperti kita ketahui semua jika makanan tradisional seperti ini enak untuk disantab langsung sebagai camilan, namun selain dari pada itu juga sering diolah menjadi beragam jenis kue maupun minuman .

Salah satunya adalah diolah menjadi puding yang tentu saja akan memiliki rasa yang begitu khas dan cocok untuk kita jadikan camilan keluarga, maupun hidangn untuk tamu yang sedang berkunjung kerumah. Selain itu puding tapai ketan juga sering dibuat untuk hidangan ketika ada acara tertentu seperti arisan atau pengajian dikampung-kampung, karena cara membuatnya yang cukup praktis dan juga mudah.

Kami yakin sudah banyak diantara anda yang sudah bisa membuat puding seperti ini, namun mungkin saja ada yang belum pernah sama sekali membuatnya dan ingin mencobanya. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut tidak lupa kami juga akan berbagi tentang tentang resep dan cara membuatnya yang sederhana.

Resep
1 bungkus agar-agar hijau
375 gram tape ketan hijau
800 ml santan encer
100 gram gula pasir
1 sendok kecil vanila
Sedikit garam

Cara Membuat
  • Siapkan panci kemudian rebuslah santan, bersama dengan agar-agar, gula pasir, garam dan vanillanya hingga mendidih
  • Jika sudah masukan tapai ketannya kemudian aduk
  • Siapkan cetakan yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air
  • Tuang adonan yang sudah dibuat kedalamnya dan tunggulah hingga dingin dan mengeras
  • Potong-potong sesuai dengan selera dan sajikan

0 comments:

Post a Comment