Cara Membuat Tapai Ketan dan Tapai Singkong

Anda semua pasti pernah merasakan kue Tapai(atau ada yang menyebutnya sebagai Tape), yaitu salah satu jenis kue khas tradisional Indonesia yang sudah ada sejak jaman dahulu kala dan memiliki rasa yang sangat manis, sedikit masam dan sangat segar. Kue ini sangat mudah kita temui dipasar-pasar tradisional hingga sekarang, dan juga sering kita temui sebagai kue budaya turun-temurun di acara hajatan baik itu pernikahan, khitanan, dan lain-lain.

Pada umumnya ada dua jenis kue Tapai yaitu yang terbuat dari ketan putih atau hitam sehingga disebut sebagai Tapai Ketan dan yang terbuat dari singkong sehingga dikenal sebagai Tapai singkong. Kedua jenis kue ini adalah hasil dari proses peragian sehingga juga terasa sedikit lengket dan manis, dan dalam perkembangannya selain dimakan secara langsung, namun juga digunakan sebagai bahan untuk membuat roti, campuran es, puding bahkan juga dijadikan sebagai wedang Tapai yang nikmat ketika diminum di malam hari.

Uniknya di Indonesia sendiri untuk beberapa daerah, Tapai memiliki nama dan sebutan masing-masing seperti peuyeum sebutan tapai singkong bagi orang Jawa Barat, tape puhung sebutan tapai singkong bagi orang Jawa Timur dan tape telo bagi orang Jawa Tengah. Selain itu di luar negeri juga ada dengan menyebutnya sebagai tapai pulut (Malaysia), basi binubran (Filipina), chao (Kamboja), lao-chao atau chiu niang (Cina), dan khao-mak (Thailand).

Pada umumnya untuk tapai ketan disajikan dengan cara dibungkus oleh daun pisang, dan memiliki warna hijau karena dalam pembuatannya menggunakan daun pandan sebagai pewarna alami. Menariknya lagi ada yang menjual tape singkong yang dibakar terlebih dahulu, dan diatasnya diberi beraneka ragam jenis selai seperti strowberi dan nanas, bahkan juga ada pilihan keju dan meises. Wow enak sekali

Untuk membuat kedua jenis Tapai atau tape tersebut harus melalui beberapa proses, dan jika anda ingin tahu cara membuatnya bacalah uraian dibawah ini.

Cara Membuat Tape Singkong
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :
1.5 kg singkong, yang telah di kupas dan cuci bersih terlebih dahulu.
1.5 butir ragi tape, yang dihaluskan
Daun pisang sebagai alas

Cara Pembuatan :
1. Pertama yang harus dilakukan kukuslah singkong hingga matang namun juga jangan terlalu lembek
2. Dinginkan singkong tersebut, kemudian masukan singkong dalam wadah yang benar-benar bersih dan telah dialasi daun pisang.
3. Jika semua sudah taburilah dengan ragi kemudian ditutup dengan daun pisang dan juga tutup untuk wadahnya
4. Diamkanlah di tempat hangat selama kurang lebih 2-3 hari.

Cara Membuat Tape Ketan :
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :
Ketan Putih 500 Gram
Air Daun Suji 300cc
Ragi Tape 1/2 hingga 1 butir yang diremas dan diayak
2 Sendok Gula pasir


Cara Pembuatan :
1. Pertama cucilah ketannya hingga bersih kemudian rendam dalam air selama 2 jam
2. Jika sudah tiriskan kemudian dikukus sebentar kira-kira setengah jam
3. Diamkan sebentar kemudian aroni dengan air daun suji sampai rata.
4. Kukus sampai ketan matang kemudian angkat dan diamkan hingga dingin
5. Taburilah dengan ragi hingga merata, dan taburi gula pasir kemudian aduklah hingga merata
6. Siapkan baskom yang diberi alas daun pisang, kemudian masukan beras ketan yang sudah diberi ragi
7. Tutuplah serapat mungkin, dan tunggu antara 2-3 hari biasanya baunya sudah wangi

0 comments:

Post a Comment