Resep dan Cara Membuat Pais Bihun

Didaerah Jawa Barat ada sebuah kuliner khas setempat yang bernama pais, dimana kuliner seperti ini dikemas didalam daun pisang yang dibentuk seperti pepesan. Namun makanan khas seperti ini ternyata juga cukup beragam jenisnya berdasarkan dari bahan yang digunakan dalam membuatnya seperti pisang dan nangka yang pernah kami bahas sebelumnya, selain itu ada juga yang terbuat dari bihun.

Pais bihun tentu memiliki rasa yang tidak kalah nikmatnya jika dibandingkan dengan yang terbuat dari pisang, selain itu bihun sendiri juga dikenal mampu menunda rasa lapar kita ketika menyantabnya, sehingga kue tradisional ini cocok untuk kita jadikan bekal ketika sedang dalam perjalanan.

Namun sayangnya mungkin bisa dikatakan sangat sulit untuk bisa menemukan penjual atau para pembuat kue khas ini. Oleh karena itu bagi anda semua yang merasa penasaran akan rasanya silahkan untuk mencoba membuatnya sendiri dirumah dan berikut adalah salah satu resepnya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
75 gram bihun yang sudah diseduh dengan air panas dan dipotong-potong
225 gram tepung ketan
150 gram gula merah, disisir halus
50 gram gula pasir
150 ml air
Garam secukupnya
daun pisang untuk pembungkus

Cara Membuat
  • Siapkan panci kemudian rebuslah gula merah, gula pasir beserta sedikit garam hingga menjadi larut dan diamkan hingga hangat
  • Ditempat lain siapkan wadah kemudian campurkan bihun dan tepung ketannya kemudian aduk 
  • Tuangkan sedikit demi sedikit larutan gula yang telah dibuat diatas sambil diaduk
  • Siapkan daun pisang, ambil sedikit adonan, masukan kedalam daun pisang tersebut kemudian bungkus memanjang atau juga bisa sesuai selera dan sematlah kedua ujungnya dengan lidi
  • Jika sudah kukuslah hingga matang kira-kira seperempat jam

0 comments:

Post a Comment