Resep Memasak Sambal Goreng Mujair Petai

Semua pasti tahu jika ikan mujair memiliki rasa yang sangat gurih walaupun hanya dimasak dengan cara digoreng saja. Terlebih lagi jika kita mengolahnya dengan berbagai macam bumbu untuk beragam jenis masakan, tentu saja akan membuatnya terasa lebih sedap lagi.

Salah satunya adalah jika kita memasak ikan mujair dengan bumbu sambal goreng yang pasti akan membuat anda semua semakin bertambah selera makannya, terlebih lagi jika anda suka dengan selera pedas sekaligus penggemar aneka hidangan yang terbuat dari daging ikan air tawar tersebut.

Sambal goreng ikan mujair memang bisa dibilang cukup jarang ada yang membuatnya sebagai hidangan keluarga, padahal bisa kita bayangkan sendiri bagaimanakah lezatnya masakan ini dimana perpaduan dari bumbu sambal goreng dengan daging ikan air tawar tersebut, apalagi jika ditambah dengan petai pasti akan membuat rasanya lebih mantab.

Akhir kata akhir cerita bagi anda semua yang baru saja membeli salah satu jenis ikan konsumsi favorit masyarakat tersebut dipasar, sedangkan anda juga bingung mau dijadikan apa, tidak ada salahnya jika memasaknya menjadi menu seperti ini. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah salah satu resepnya yang bisa anda coba

Resep
1Kg Ikan mujair, bersihkan isi dan sisiknya kemudian digoreng
1 gelas santan kental dari 1/2 butir kelapa
1 gelas air
Petai secukupnya, tiap biji potong menjadi dua
Sedikit minyak untuk menumis

Bumbu
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 cabe merah besar
1 sendok makan garam atau sesuai selera
1/2 butir buah tomat
1 sendok kecil gula pasir
1 lembar daun salam
1 ruas jari lengkuas
Penyedap rasa secukupnya apabila suka

Cara Membuat
  • Bawang merah, bawang putih dan cabe merah diiris tipis-tipis kemudian tumislah dengan sedikit minyak hingga beraroma harum
  • Masukan garam dan buah tomat aduk hingga masak
  • Tuangkan air dan masukan daun salam, lengkuas, gula pasir, bersama penyedap rasa dan tunggulah hingga mendidih
  • Masukan ikan yang telah digoreng dan tunggulah hingga airnya agak menyusut
  • Tuangkan santan kemudian tunggu kira-kira 3 menit supaya bumbu terserap
  • Angkat dan siap untuk disajikan

0 comments:

Post a Comment