Resep Membuat Kue Kacamata

Kue yang satu ini memang memiliki penampilan yang menarik, selain itu namanya juga sangat unik yaitu sesuai yang tertera diatas yaitu kue kacamata. Kenapa kuliner tradisional ini dinamakan demikian karena jika kita mensejajarkan 2 buah kue ini maka bentuknya memang ada kemiripan dengan kacamata, namun bukan berarti juga jika kue ini terbuat dari kaca mata beneran.

Kue kaca mata juga memiliki sebutan lain dibeberapa daerah, seperti di Jawa Tengah ada yang menyebutnya sebagai kue mata kebo, kemudian dibeberapa daerah lainnya juga ada yang menyebutnya sebagai mata roda, bahkan mungkin masih ada sebutan yang lainnya.

Bahan-bahan dasar untuk membuatnya adalah pisang sebagai isi yang kemudian pada bagian sekelilingnya berupa adonan singkong, dan dalam penyajiannya dipotong-potong agak tipis berbentuk lingkaran kemudian ditabur dengan kalapa parut. Jika demikian apabila kita lihat dari bentuknya kue tradisional ini ada kemiripan dengan pisang ijo, namun berbeda cara penyajiannya dan juga bahan kulitnya karena pisang ijo adonan kulitnya terbuat dari tepung beras.

Mungkin ada diantara anda yang belum pernah mencicipinya dan penasaran bagaimanakah rasa dari kue kacamata ini, namun bisa anda bayangkan sendiri jika dilihat dari bahan dalam membuatnya, jika camilan berbentuk unik ini ada sedikit kemiripan rasa dengan getuk singkong akan tetapi pada bagian dalamnya diberi pisang. Akhir kata jika anda ingin mencoba untuk membuatnya tidak lupa berikut adalah salah satu resepnya.

Bahan yang dibutuhkan
1 kg singkong, diparut kemudian peras dan buang airnya
175 gram gula pasir
300 gram kelapa parut
1/2 sendok kecil garam
Sedikit pewarna makanan
5 buah pisang tanduk

Bahan taburan
Kelapa parut dicampur garam secukupnya kemudian dikukus kira-kira 5 menit

Pembungkus
Daun pisang

Cara Membuat
  • Campurkan singkong parut, gula pasir, kelapa parut dan garam hingga semuanya merata
  • Berilah pewarna dengan warna sesuai selera anda dan aduk kembali
  • Bagilah adonan menjadi 5 bagian kemudian masing-masing ratakan diatas daun pisang
  • Berilah masing-masing pisang tanduk kemudian gulunglah hingga berbentuk seperti lontong dan sematlah dengan lidi pada kedua tepinya
  • Kukus hingga matang kemudian angkat dan tunggu hingga dingin
  • Potong-potong agak menyerong dengan ketebalan kira-kira 1cm, dan taburlah dengan parutan kelapa kukus

0 comments:

Post a Comment