Cara Membuat Selai Buah Durian

Buah durian adalah salah satu jenis buah yang sangat digemai oleh masyarakat Indonesia karena memiliki rasanya yang teramat sangat manis dab aroma yang sangat harum. Namun terkadang ketika kita membeli buah durian ada beberapa diantaranya yang seperti kurang matang atau masih agak keras dagingnya sehingga kurang enak dan kurang manis rasanya, sehingga terkadang kita menyia-nyiakannya atau membuangnya.

Jika demikian agar tidak mubazir maka tidak ada salahnya jika durian yang masih terasa mengkal tersebut kita olah kembali, dan salah satunya yang mudah adalah menjadikannya sebagai selai. Sebenarnya untuk membuat selai durian seperti ini juga tidak harus yang masih mengkal akan tetapi juga bisa yang sudah manis sehingga rasanya juga lebih nikmat.

Selai durian bisa kita gunakan untuk mengoles roti tawar agar rasanya lebih enak, selain itu mungkin juga bisa untuk beberapa jenis kue lain sesuai dengan selara anda masing-masing. Tidak perlu berpanjang lebar lagi, jika anda ingin mencoba untuk membuatnya, berikut adalah salah satu resepnya dan cara membuatnya.
Bahan yang dibutuhkan
1/4kg daging buah durian
100 gram gula pasir(jika menggunakan durian yang agak mengkal beri lebih banyak gula)
1 sendok makan tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air
1/2 sendok kecil esen durian
100 ml air
Sedikit pewarna kuning khusus makanan(optional bila suka)

Cara Membuat
  • Durian haluskan bersama dengan air dan gula dengan cara diblender
  • Jika sudah masaklah hingga meletup kemudian tuangkan larutan maizenanya sambil diaduk dan tunggu hingga mengental. Jangan lupa api cukup kecil saja
  • Tuangkan esen durian kemudian aduk kembali, jika sudah angkat dan dinginkan
  • Kemas didalam botol

0 comments:

Post a Comment