Resep Membuat Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar

Ketela rambat yang berwarna ungu memang sangat menarik, karena selain enak untuk dimakan langsung juga sering digunakan untuk campuran bahan dalam membuat beragam kue, agar memiliki warna yang lebih menarik selain itu juga memiliki cita rasa yang berbeda. Salah satu kue tersebut adalah bolu kukus mekar yang merupakan kue tradisional yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Karena dalam membuatnya dicampur dengan ubi ungu maka kue ini dikenal sebagai bolu kukus ubi ungu mekar, yang akan selalu siap menjadi camilan keluarga tercinta atau mungkin juga hidangan tamu ketika ada acara khusus dirumah.

Bagi yang belum pernah menicipinya, mungkin bisa kita bayangkan sendiri bagaimanakah rasa dari kue yang terlihat indah seperti ini, jika ubi ungu sendiri pada dasarnya sudah memiliki rasa yang manis dan khas yang dipadukan dengan adonan bolu kukus. Namun sayangnya kue unik seperti ini cukup jarang ada yang menjualnya, sehingga bagi anda yang menginginkannya tentu saja akan lebih baik jika mencoba sendiri membuatnya. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut, pada kesempatan ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep maupun cara membuatnya.

Resep
240 gram terigu protein sedang
100 gram ubi ungu, dikukus
200 ml air
2 butir telur
200 gram gula pasir
1 sendok kecil emulsifier
1 sendok makan susu bubuk
1/2 sendok kecil pewarna khusus makanan warna ungu

Cara Membuat
  • Campurkan ubi ungu dengan air didalam blender kemudian haluskan
  • Disisi lain campurkan telur, gula dan emulsifier kemudian kocok hingga semuanya tercampur dan mengembang
  • Masukan tepung terigu dan pewarna kemudian aduk
  • Tuangkan larutan ubi ungu yang telah diblender diatas, sedikit demi sedikit sambil diaduk
  • Siapkan cetakan yang diberi cup kertas, kemudian tuangkan adonan yang sudah jadi 3/4 bagian dan kukuslah hingga matang

0 comments:

Post a Comment