Cara Membuat Sambal Terong dan Resepnya

Bagi sebagian orang terutama mereka yang suka dengan rasa pedas, tentu akan terasa kurang nikmat apabila makan tanpa adanya sambal, karena rasa pedas sendiri memang bisa dibilang mampu memberikan kepuasan tersendiri buat kita semua ketika makan. Jika demikian tentu anda bisa dikatakan sering membuat olahan cabai seperti ini untuk dihidangkan buat anda sendiri maupun keluarga. Sedangkan seperti kita ketahui semua jika sambal sendiri beragam jenisnya yang tentunya bagi anda semua penggila rasa pedas tidak ingin melewatkannya.

Salah satu jenis sambal yang rasanya sangat nikmat dan bisa anda coba adalah yang terbuat dari terong(terung) yang tentunya diolah bersama dengan adonan cabai. Hal tersebut tentu saja akan memberikan cita rasa tersendiri dimana rasa pedas yang dipadukan dengan aroma terong, yang akan membuat anda terasa lebih lahab ketika sarapan.

Sambal terong juga cocok untuk disajikan bersama dengan beragam jenis masakan sayur, selain itu juga tetap nikmat walaupun hanya disantab bersama dengan nasi putih dan kerupuk saja. Menariknya lagi sambal yang terbuat dari terong ini juga mudah untuk membuatnya, selain itu bahan-bahannya juga mudah kita dapatkan dimana saja.

Akhir kata jika ada diantara anda ada yang belum bisa membuatnya dan ingin mencobanya, tidak lupa berikut adalah salah satu resepnya.


Bahan yang dibutuhkan
3 buah terong ungu, dipotong-potong kemudian goreng setengah matang
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu
2 bawang merah
3 siung bawang putih
10 cabe merah keriting
3 cabai rawit merah(atau sesuai selera)
1/2 buah tomat
50 gram gula merah, disisir
Sedikit terasi
Garam secukupnya

Cara Membuat
  • Tumbuk halus bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, terasi, garam hingga halus, sedangkan tomat tumbuk kasar saja
  • Jika sudah tumislah dengan sedikit minyak hingga matang
  • Masukan gula merah dan terongnya kemudian aduk hingga semua bumbu tercampur
  • Tutup kira-kira 3 menit hingga matang kemudian sajikan

0 comments:

Post a Comment