Resep Membuat Ayam Panggang Bumbu Rujak

Daging ayam memang rasanya sangat lezat apabila kita olah menjadi masakan apa saja, karena memang sangat gurih dan juga empuk sehingga disukai oleh semua orang. Jika anda sedang memiliki persedian daging ayam dan sedang bingung mau dimasak apa, tidak ada salahnya jika menjadikannya sebagai ayam panggang bumbu rujak.

Hidangan seperti ini sangat cocok untuk kita jadikan lauk ketika sarapan untuk keluarga tercinta, dan juga cukup sering ada sebagai hidangan ketika ada acara-acara tertentu seperti pernikahan dan lain-lain, bahkan mungkin juga bisa menjadi alternatif untuk kita jadikan sebagai hidangan menyambut tahun baru. Karena seperti kita ketahui jika malam tahun baru tiba cukup banyak orang yang memiliki tradisi merayakannya dengan membuat ayam panggang maupun sate.

Jika dilihat dari rasanya olahan ayam seperti ini memiliki rasa yang agak sedikit pedas karena bumbu rujak sendiri juga menggunakan bumbu cabe merah dan juga merica, selain itu juga ada rasa sedikit manis karena juga menggunakan gula merah dan kecap manis. Selain itu untuk menyajikannya juga akan lebih nikmat jika diberikan bahan lalapan seperti mentimun, selada, kulbis, sesuai selera dan juga sambal tomat.

Akhir kata bagi anda semua yang ingin mencoba untuk membuatnya, berikut adalah salah satu resepnya.

Resep
1 Kg daging ayam, potong-potong sesuai selera
Kecap manis secukupnya untuk olesan
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
1 gelas air
Arang untuk memanggang

Bumbu
5 siung bawang putih
4 siung bawang merah
10 cabe merah
1/2 sendok kecil merica
1/2 sendok kecil ketumbar
1 sendok makan garam
5 biji kemiri gelondong
1 ruas jari kunyit yang telah dibakar
50 gram gula merah
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
1 batang serai
1 potong lengkuas

Cara Membuat
  • Haluskan bahan-bahan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabe merah, merica, ketumbar, garam, kemiri dan kunyitnya.
  • Jika sudah panaskan sedikit minyak dan tumislah bumbu halus diatas hingga harum
  • Tuangkan air dan masukan daging ayamnya, bersama daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, dan gula merah kemudian aduk-aduk hingga bumbu merata
  • Tutuplah hingga ayam lunak dan airnya mengering kemudian angkat dan dinginkan
  • Siapkan bara api arang, kemudian olesi daging ayam dengan sedikit kecap manis dan pangganglah hingga kering, namun juga jangan terlalu gosong.

0 comments:

Post a Comment