Resep Memasak Rendang Daging Sapi

Kita sebagai bangsa Indonesia patut untuk berbangga karena dalam dunia kuliner ada sebuah masakan yang pernah dinobatkan sebagai masakan terlezat didunia yaitu Rendang. Hal tersebut karena masakan ini masuk pada daftar "World's 50 Most Delicious Foods" atau yang diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah 50 Hidangan Terlezat Dunia yang diselenggarakan oleh CNN International pada tahun 2011 dan memiliki peringkat pertama.

Berdasarkan dari sumber yang saya dapat masakan seperti ini merupakan kuliner tradisional Minang yang sudah ada sejak abad ke 19(bahkan juga diduga sudah ada sejak abad 16), dimana masakan daging sapi ini dijadikan bekal oleh masyarakat Minang yang sering melakukan perjalanan menuju Selat Malaka hingga ke Singapura. Oleh karena perjalanan tersebut menempuh jarak yang begitu jauh dan memakan banyak waktu sehingga dibutuhkan bekal masakan yang tahan lama yang salah satunya adalah Rendang.

Kuliner minang ini dimasak dengan beraneka ragam bumbu rempah sehingga rasanya sangat gurih dan pada umumnya juga memiliki rasa yang pedas, walaupun semua juga masih bisa disesuaikan dengan selera masing-masing akan tingkat kepedasannya. Selain itu apabila rendang sapi dimasak lebih kering maka akan lebih tahan lama atau lebih awet, dan juga cocok untuk disantab bersama dengan nasi putih hangat atau juga bisa ketupat.

Akhir kata bagi anda yang belum pernah membuatnya, berikut adalah salah satu resep dan cara memasaknya yang bisa anda coba dirumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
500 gram daging sapi, rebus terlebih dahulu kemudian potong-potong
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu
5 bawang merah
5 bawang putih
100 gram cabe merah keriting
10 cabe rawit merah(atau sesuai selera)
10 butir kemiri gelondong
1 sendok makan garam(atau sesuai selera)
1 sendok kecil merica
1 sendok kecil ketumbar
1 potong kunyit bakar
1 ruas jahe
1 lembar daun salam
1 batang serai
3 lembar daun jeruk purut
1 potong lengkuas
50 gram gula merah
Vitsin(optional bila suka)
1 gelas santan kental

Cara Memasak
  • Haluskan bahan-bahan bumbunya yaitu bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, cabe rawit merah, kemiri gelondong, garam, merica, ketumbar, kunyit bakar dan jahe
  • Jika sudah bumbu halus ditumis hingga harum
  • Tuangkan sedikit air saja beserta daging sapi, dan diikuti dengan gula merah, vitsin, daun salam, daun jeruk purut, serai dan lengkuas, kemudian aduk hingga bumbu tercampur
  • Tuangkan santan kental kemudian tutup dan tunggu hingga daging lunak dan kuahnya mengering atau berkurang

0 comments:

Post a Comment