Resep Kue Tradisional Awug-Awug Ketan Isi Gula Merah

Jika melihat judul diatas mungkin banyak diantara anda yang masih merasa asing dengannya, padahal kue ini dahulu sering dibuat oleh masyarakat untuk acara-acara tertentu terutama didaerah perkampungan di Jawa Tengah. Memang patut untuk disayangkan jika kue ini punah, karena sebenarnya rasanya sangat nikmat, cara membuatnya mudah dan sederhana, selain itu juga murah meriah.

Awug-awug ketan isi gula merah sesuai dengan namanya terbuat dari adonan tepung ketan dan kelapa parut, yang dimasak dengan cara dikukus dan dalam penyajiannya dibungkus oleh daun pisang. Jika digigit kue tradisional ini terasa agak kenyal dan ketika sampai pada bagian isinya akan terasa manis, selain itu menariknya lagi Awug-awug ketan isi gula merah juga mampu membuat perut kita terasa terganjal atau bisa menunda rasa lapar.

Sebenarnya kue ini juga merupakan salah satu dari sederetan kuliner Indonesia yang seharusnya tetap kita lestarikan, oleh karena itu tidak lupa bagi anda yang penasaran dengan rasanya dan ingin membuat kue tradisional yang terbilang sudah langka seperti ini berikut adalah resepnya.
Bahan yang dibutuhkan
500 gram tepung ketan
1 butir kelapa setengah muda kemudian diparut
150 gram gula pasir
1 sendok sendok kecil garam
Vanili secukupnya
200 gram gula merah disisir untuk isi
Daun pisang secukupnya untuk pembungkus

Cara Membuat
  • Campurkan tepung ketan, kelapa parut, gula pasir, garam dan sedikit vanili hingga semuanya benar-benar merata
  • Ambil 2 sendok adonan dan pipihkan kemudian isilah dengan gula merah dan tutup kembali 
  • Jika sudah bungkus dengan daun pisang dan sematlah dengan lidi
  • Kukuslah kira-kira selama 30 menit hingga matang dan biasanya daun pisangnya menjadi layu

0 comments:

Post a Comment