Resep dan Cara Membuat Onde-Onde Ketan Hitam

Kue yang berbentuk bola-bola ini memang serasa tidak ada matinya, karena dari jaman dahulu hingga sekarang terus digemari oleh masyarakat dari generasi ke generasi. Kue ini adalah onde-onde dimana memiliki bentuk bulat dan memiliki ciri khas yaitu pada bagian luarnya diselimuti oleh wijen yang menghiasinya. Sebagai kue tradisional legendaris kami yakin jika anda semua pasti sudah pernah mencicipi kenikmatan akan kue yang lezat ini.

Seperti kita ketahui semua jika jajanan pasar seperti ini pada umumnya memiliki warna cokelat terang, namun selain itu ada juga variasi lain yang sangat unik yaitu yang berwarna hitam sehingga ada juga orang yang menyebutnya sebagai "black onde". Kenapa kue seperti ini memiliki warna hitam?, jawabannya adalah karena dibuat dari tepung ketan hitam sehingga menghasilkan warna demikian.

Sebenarnya onde-onde ketan hitam tidak berbeda jauh seperti pada umumnya, karena bentuknya sama-sama bulat, bagian luarnya diberi taburan wijen dan isinya juga sama yaitu adonan kacang hijau. Namun selain warnanya, jika dilihat dari rasanya tetap ada perbedaan yang khas yang membedakan keduanya.

onde-onde ketan hitam sebenarnya juga cukup banyak dijual dipasar-pasar tradisional, sehingga bagi anda yang penasaran bisa dengan mudah untuk membelinya. Akan tetapi jika anda penasaran ingin mencoba membuatnya sendiri, berikut adalah salah satu resep beserta dengan cara membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan
75 gram tepung ketan hitam
175 gram tepung ketan putih
30 gram tepung tapioka
60 gr gula pasir
150 ml santan kental hangat
Sedikit garam
Wijen putih secukupnya untuk taburan

Bahan isi
100 gram kacang hijau kupas, kemudian direndam kira-kira 3 jam
75 ml santan
50 gram gula pasir
Sedikit garam
1 lembar daun pandan

Cara Membuat
  • Buatlah isinya terlebih dahulu, caranya kukus kacang hijau hingga empuk kemudian blender bersama santan hingga lembut. Jika sudah masukan kedalam panci dan tambahkan gula pasir, garam beserta daun pandan kemudian masaklah hingga santan menyusut
  • Buat adonan kulitnya, caranya campurkan semua bahan kecuali wijen kemudian uleni hingga kalis
  • Ambil 1 sendok makan adonan kulit kemudian pipihkan dan berilah bahan isi kedalamnya, dan bulatkan
  • Jika sudah guling-gulingkan diatas wijen hingga wijen menempel merata
  • Gorenglah dengan api kecil hingga matang

0 comments:

Post a Comment