Resep Membuat Kue Apem Selong

Kue apem merupakan kue tradisional terutama didaerah Jawa yang sering dibuat untuk acara-acara khusus sebagai hidangan untuk tamu. Kue ini juga cukup beragam jenisnya contohnya seperti apem panggang, apem kukus dan satu lagi yang tidak kalah populernya adalah apa yang disebut-sebut sebagai apem selong, yang tentunya bagi masyarakat Jawa tidak terlalu asing dengannya.

Seperti jenis apem lainnya, apem selong juga berbentuk bundar, namun ada ciri khas dari apem ini jika dibandingkan dengan lainnya yaitu pada bagian tepi dari kue ini ada seperti kulit kering yang mengelilingi apem selong sehingga juga terlihat sangat menarik dan juga unik.

Ada beberapa yang memiliki anggapan jika apem selong merupakan hasil perpaduan budaya kuliner Asia Selatan seperti India dan Sri Lanka, karena apem ini ada juga yang menyebutnya sebagai apem ceylon. Konon kabarnya jika Ceylon sendiri adalah sebuah nama untuk Sri Lanka hingga tahun 1972, sedangkan diwilayah tersebut juga terdapat sebuah kue yang bernama Appam, sehingga kue tersebut disebut sebagai "Appam from Ceylon", namun mungkin orang Jawa agak susah mengejanya sehingga menjadi Apem Selong.

Namun sayangnya untuk informasi diatas tentang asal-usul Apem Selong hanya saya dapat sekedar rumor saja, sehingga untuk kebenarannya saya sendiri juga tidak mengetahuinya secara pasti, selain itu blog ini juga tidak menemukan informasi yang akurat tentang hal tersebut. Namun yang pasti kue ini sudah dikenal masyarakat Jawa sejak dahulu kala dan menjadi tradisi kuliner secara turun-temurun yang patut untuk kita lestarikan.

Resep Apem Selong
1/4kg tepung beras
225 gram gula pasir
1 butir telur
500 ml santan
125 ml air kelapa
sedikit garam
1/2 sendok makan ragi instan

Cara Membuat
  • Pertama-tama siapkan wadah kemudian campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, gula, ragi instan, dan telur kemudian aduklah hingga merata
  • Masukkan santan dan air kelapa sambil diaduk
  • Jika sudah kita diamkan adonan kira-kira 1 jam, dan tambahkan garam kemudian aduk kembali 
  • Panaskan wajan kemudian ambil 1 sendok sayur adonan tuang melebar ke samping wajan secara berputar
  • Tutuplah wajan jika suka ketika setengah matang bisa diberi potongan nangka dan potongan pandan diatasnya atau juga bisa pisang, meises dan lain-lain sesuai selera
  • Jika sudah matang angkat dan dinginkan

0 comments:

Post a Comment