Resep Memasak Balado Telur Ayam

Balado adalah sebuah masakan khas Minangkabau dimana masakan tersebut memiliki rasa pedas dan juga cukup bervariasi berdasarkan dari bahan ketika membuatnya. Jika dulu blog ini pernah membahas sebuah masakan balado yang terbuat dari terong, maka untuk kesempatan ini juga merupakan masakan balado lainnya namun yang terbuat dari telur ayam.

Sebagai salah satu masakan tradisional legendaris tanah air seperti masakan balado lainnya jika balado telur juga sudah tersebar diberbagai daerah dinusantara, karena rasanya yang lezat dan juga cukup umum dibuat untuk hidangan keluarga. Selain itu sebagai masakan pedas tentu balado telur juga sangat cocok buat anda semua yang gemar menyantab masakan dengan rasa pedas, yang tentunya jangan sampai anda lewatkan.

Balado telur juga cukup umum menjadi salah satu menu pilihan dibeberapa warung-warung makan tradisional hingga kelas restoran, yang juga cocok untuk disajikan bersama dengan nasi hangat sebagai lauk dan juga beberapa jenis masakan sayur.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, mungkin ada diantara anda yang belum pernah membuat sendiri masakan seperti ini dan ingin mencoba membuatnya. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut tidak lupa untuk artikel ini juga akan sedikit berbagi tentang resep dan cara membuatnya.

Resep Balado Telur Ayam
10 telur ayam rebus, kemudian goreng sebentar
3 sendok makan minyak untuk menumis
1/2 gelas air

Bumbu

3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
10 cabe merah keriting
5 cabe rawit merah
1 sendok kecil garam
5 butir kemiri gelondong
Sedikit terasi
2 lembar daun jeruk purut
100 gram gula merah
1/2 butir tomat
Sedikit vitsin(optional bila suka)

Cara Membuat atau Memasak
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, cabe merah, cabe rawit, kemiri dan terasi, sedangkan untuk tomat tumbuk kasar saja
  • Tumis semua bumbu dengan minyak hingga beraroma harum, kemudian tuangkan air, gula merah, daun jeruk purut dan garam, kemudian aduk
  • Masukan telur kemudian aduk-aduk hingga bumbu tercampur, dan tunggu hingga airnya mengering
  • Jika sudah tambahkan sedikit minyak lagi kemudian aduk kembali sebentar
  • Balado telur ayam siap untuk disajikan

0 comments:

Post a Comment