Resep Membuat Bolu Kukus Dengan Tepung Ketan Hitam

Sekitar satu  bulan yang lalu blog ini pernah membahas sebuah kue bolu kukus warna-warni atau yang sering disebut pelangi atau rainbow. Maka untuk kesempatan ini juga masih membahas tentang beragamnya kue yang dimasak dengan cara dikukus ini, namun yang dibuat dengan tepung ketan hitam sehingga sangat berbeda dengan biasanya. Mungkin cukup banyak diantara anda yang bertanya-tanya karena memang kue ini tidak terlalu umum seperti jenis bolu kukus lainnya.

Bolu kukus yang dibuat dengan tepung ketan hitam sebenarnya juga tidak kalah nikmatnya dengan jenis lain, yang tentunya juga memiliki cita rasa yang sangat khas ketan hitam. Selain itu penampilannya tentu juga berbeda yaitu kehitaman sehingga akan membuat banyak orang merasa penasaran dengan rasa dari camilan lezat seperti ini.

Bolu seperti ini sangat cocok untuk hidangan keluarga anda, selain itu juga bisa untuk hidangan ketika ada acara-acara khusus dirumah. Oleh karena itu kue yang bisa dibilang cukup unik ini karena berwarna kehitaman seperti ini, juga layak anda coba buat sendiri dirumah, selain itu juga mengingat jarang ada orang yang menjajakannya. Akhir kata bagi anda yang ingin membuatnya berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep
175 gram tepung ketan hitam
3 butir telur ayam
100 gram gula pasir
1/2 sendok kecil cake emulsifier
75 ml minyak sayur
100 ml santan
Sedikit garam
Sedikit vanili(optional bila suka)

Cara Membuat
  • Siapkan wadah kemudian kocoklah beberapa bahan seperti telur, gula, garam, dan cake emulsifier hingga merata dan menjadi putih
  • Masukan tepung ketan hitam kemudian aduk hingga rata
  • Taungkan santan dan dan minyak sayurnya kemudian aduk kembali
  • Siapkan loyang loaf yang berukuran 10x22x8cm dan olesi dengan sedikit mentega, jika sudah tuangkan adonan yang sudah dibuat tersebut kedalamnya
  • Kukuslah kira-kira 35-40 menit hingga matang mengembang
  • Angkat dan dinginkan baru bisa dipotong-potong

0 comments:

Post a Comment