Resep Memasak Rendang Jengkol

Jengkol(Archidendron pauciflorum) atau ada juga yang menyebutya sebagai jering adalah sejenis polong-polongan yang banyak ditemukan dibeberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan juga Indonesia. Tumbuhan ini dimanfaatkan bijinya untuk dikonsumsi yang diolah menjadi beragam masakan yang memiliki rasa yang sangat khas.

Uniknya jengkol sebenarnya memiliki bau yang cukup menyengat, namun ketika sudah diolah menjadi masakan bagi sebagian orang rasanya berubah menjadi sangat lezat. Berbicara tentang bahan makanan ini, ada sebuah masakan yang populer di Indonesia yang terbuat dari jengkol yaitu masakan rendang yang tentunya bagi anda semua penggemar jering pasti pernah mencicipinya.

Rendang jengkol cukup umum dibuat untuk hidangan keluarga, walaupun sebenarnya masakan seperti ini juga terbilang segmented, dimana hanya orang tertentu saja yang menyukainya. Selain itu masakan seperti ini juga bisa ditemukan diwarung-warung makan tradisional, bahkan mungkin direstoran atau hotel berbintang juga ada.

Berdasarkan dari sumber yang saya dapat, jika musim jengkol adalah antara bulan September hingga Desember. Oleh karena itu bagi anda yang merasa sebagai penggemarnya sudah saatnya untuk membelinya, dan salah satu menu yang bisa anda coba adalah jengkol yang dimasak dengan bumbu rendang seperti ini.

Resep Rendang Jengkol
500 gram jengkol, bersihkan dan rebus hingga lunak
1 gelas santan kental
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
1 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
2 batang serai
1 potong lengkuas

Bumbu Halus
4 bawang merah
3 siung bawang putih
15 cabe merah
1/2 sendok kecil ketumbar
1/2 sendok kecil merica
5 butir kemiri
1 sendok makan garam
1 ruas jari kunyit, dibakar atau digoreng
1 ruas jari jahe
50 gram gula merah

Cara Memasak
  • Tumislah bumbu halus hingga beraroma harum
  • Setelah masak masukan jengkol kemudian aduk agar bumbu tercampur
  • Masukan gula merah, serai, vitsin secukupnya(bila suka), daun salam, lengkuas, daun jeruk purut
  • Tuangkan santan kemudian rebus kira-kira 3-5 menit hingga mendidih dan santannya berkurang
  • Angkat dan sajikan

0 comments:

Post a Comment