Resep Membuat Roti Jala

Ada sebuah hidangan yang unik dimana sebuah roti atau kue yang pada umumnya disajikan bersama dengan kari ayam atau gulai. Hidangan ini adalah apa yang dinamakan dengan roti jala yang berasal dari daerah Melayu, bahkan berdasarkan dari sumber yang saya dapat juga terdapat di Malaysia dan beberapa negara Asean lainnya. Selain itu kabarnya jika roti seperti ini menurut budayawan M Muhar Omtatok mungkin saja teradaptasi dari budaya India(sumber: Wikipedia)

Jika dilihat dari namanya memang sangat unik, karena mungkin roti ini secara fisik berlubang-lubang sehingga banyak orang menganggapnya seperti jala untuk menangkap ikan. Selain itu karena roti jala terbuat dari adonan tepung, maka juga bisa membuat perut kita cukup kenyang, walaupun mungkin banyak yang beranggapan tidak terasa sekenyang ketika menyantab nasi pada umumnya.
Mungkin ada sebagian dari anda yang sudah terbiasa menyantab roti jala bersama kuah gulai atau kari ayam, namun mungkin saja ada yang belum pernah mencicipinya karena roti unik berbentuk jala seperti ini dibeberapa daerah cukup sulit untuk bisa menemukannya. Oleh karena itu jika anda penasaran, anda bisa membuatnya sendiri dan berikut adalah salah satu resepnya.
Bahan Yang Dibutuhkan
300 gram tepung terigu protein sedang
4 butir telur kemudian dikocok
2 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
4 sendok makan minyak goreng
Garam halus sesuai selera
2 sendok makan mentega

Cara Membuat
  • Campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, garam, santan, kemudian aduk hingga merata
  • Tuangkan kocokan telur sambil terus diaduk, disusul kemudian minyak goreng hingga semua tercampur
  • Siapkan kantung plastik segitiga kemudian masukanlah adonan kedalam kantung plastik tersebut
  • Siapkan wajan anti lengket dan panaskan, kemudian olesi dengan mentega 
  • Semprotkan adonan hingga membentuk seperti jala dan masaklah dengan api kecil hingga matang
  • Sajikan bersama kari ayam atau gulai

0 comments:

Post a Comment