Resep Membuat Roti Cane

Selain roti jala yaitu sebuah roti yang memiliki bentuk seperti jala dan disajikan bersama masakan kari, ada roti sejenis lainnya yang cara penyajiannya agak mirip karena sama-sama disajikan bersama kari yaitu apa yang disebut sebagai roti cane. Keduanya juga sama-sama terbuat dari adonan tepung dan juga terpengaruh oleh budaya India, namun jika roti jala berbentuk seperti jala sedangkan roti cane pada umumnya berbentuk seperti lingkaran.

Roti seperti ini juga ada di Malaysia dimana masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai roti canai. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri konon kabarnya jika roti ini sudah ada sejak abad ke 19 pada jaman Hindia Belanda, yang terpengaruh oleh para pendatang dari India dan diadopsi oleh kuliner Melayu Sumatera, Aceh dan Minangkabau. 
Roti cane juga bisa membuat perut kita terasa kenyang karena terbuat dari tepung terigu, sehingga roti seperti ini juga bisa kita jadikan sebagai sarapan yang disajikan bersama masakan kari. Namun sayangnya tidak disemua daerah di Indonesia roti panggang dari tepung seperti ini mudah untuk bisa kita temukan penjualnya, sehingga bagi anda yang penasaran dengan rasa dari kuliner seperti ini dan ditempat anda tinggal tidak ada yang menjualnya, tentu yang terbaik adalah membuatnya sendiri dirumah karena sebenarnya cara membuatnya juga mudah.

Bahan Untuk Membuatnya
250 gram tepung terigu protein tinggi
1 btr telur
25 gram margarin
90 cc minyak goreng(40cc untuk adonan, 50cc untuk celupan)
100 cc air
Garam secukupnya

Cara Membuat
  • Siapkan tempat kemudian campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, telur, air, garam dan 40cc minyak goreng, kemudian uleni hingga menjadi kalis. Jika sudah diamkan kira-kira seperempat jam
  • Bagi adonan menjadi 5-6 bagian kemudian bulatkan dan celupkan kedalam minyak kira-kira selama setengah jam
  • Jika sudah pipihkan dan lebarkan adonan olesi dengan margarin kemudian gulung memanjang dan bentuklah melingkar. Diamkan lagi kira-kira setengah jam
  • Pipihkan adonan kemudian masak diatas wajan datar anti lengket dengan api kecil hingga matang
  • Sajikanlah bersama dengan masakan kari atau gulai

0 comments:

Post a Comment