Resep Memasak Sambal Goreng Kentang

Kentang adalah sejenis umbi-umbian yang memiliki nama ilmiah Solanum tuberosum L yang sangat disukai untuk dikonsumsi karena memiliki rasa yang enak dan juga bisa membuat perut kita kenyang. Di Indonesia kentang diolah menjadi beragam jenis masakan maupun kue yang salah satunya yang cukup populer ditengah masyarakat adalah dijadikan menjadi masakan pedas yang dikenal sebagai sambal goreng.

Dengan demikian tentu saja jika masakan rasa pedas yang dibuat dari bahan kentang ini dinamakan sebagai sambal goreng kentang, karena seperti kita ketahui semua jika masakan seperti ini sendiri juga sangat beragam jenisnya yang dibedakan dari bahan untuk membuatnya. 
Masakan yang pedas ini juga sangat cocok untuk dihidangkan sebagai pelengkap kupat opor ketika lebaran, namun selain itu juga enak dimakan bersama dengan nasi putih hangat dan masakan sayur. Bahkan dibeberapa daerah khususnya Jawa, makanan dari kentang seperti ini juga kerap kali dibuat oleh masyarakat sebagai salah satu hidangan ketika ada acara kondangan, dimana setiap tamu yang datang akan diberi sekotak makanan yang berisi beragam masakan maupun kue yang salah satunya olahan dari kentang seperti ini.

Ketika membuat masakan ini, pada umumnya kentang dipotong kotak-kotak kecil menyerupai dadu yang kemudian dimasak dengan bumbu rempah khas Indonesia yang sangat beragam sehingga masakan ini akan memiliki rasa yang lezat.

Resep Sambal Goreng Kentang
500 gram kentang, kupas potong dadu kemudian digoreng
1/2 butir kelapa kemudian jadikan 1 gelas santan
1 gelas air
Minyak goreng

Bumbu
4 siung bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
5 buah cabe merah besar, diiris tipis
5 buah cabe merah keriting, ditumbuk halus
1 sendok kecil garam
2 iris tomat
1 lembar daun salam
1 potong lengkuas
1 sendok kecil gula pasir

Cara Memasak
  • Tumislah bawang merah, bawang putih, cabe merah besar dan cabe keriting hingga beraroma harum
  • Tuangkan 1 gelas air tunggu sampai mendidih, kemudian masukan kentang
  • Masukan lengkuas, daun salam, garam, tomat dan gula pasir, kemudian tutup kira-kira 3 menit
  • Jika sudah tuangkan santan dan tunggu hingga mendidih kembali dan kuahnya agak berkurang

0 comments:

Post a Comment