Resep Membuat Mendol Tempe Khas Malang

Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur dimana kota ini disebut-sebut sebagai kota kedua terbesar setelah Surabaya. Sebagai kota besar tentu saja jika daerah ini memiliki banyak penduduk yang menciptakan keragaman baik budaya termasuk kuliner khas daerah setempat yang sangat menarik untuk dibahas.

Salah satu kuliner dari Malang, Jawa Timur yang cukup ternama adalah apa yang dinamakan dengan "mendol" yang tentu saja bagi orang Jawa Timur terlebih lagi kota Malang tentu tahu benar dengan kuliner khas ini. Mendol adalah sejenis camilan yang terbuat dari tempe yang dihaluskan kemudian diberi bumbu dan dimasak dengan cara digoreng, sehingga tentu saja bisa kita bayangkan sendiri rasanya bagi anda yang belum pernah mencicipinya.

Bentuk dari kuliner khas malang ini sendiri secara umum adalah lonjong dan berwarna kecokelatan karena dimasak dengan cara digoreng, dan selain nikmat dijadikan sebagai camilan namun juga tetap pas jika kita jadikan lauk untuk makan bersama nasi dan masakan sayur.

Sayangnya kuliner seperti ini hanya banyak ditemukan di Jawa Timur khususnya Malang, oleh karena itu jika anda penasaran tentu harus berkunjung ke daerah tersebut. Namun jangan kuatir jika anda sendiri belum memiliki waktu untuk ke Jawa Timur maka yang terbaik adalah membuatnya sendiri karena sebenarnya cara membuatnya juga mudah dan tidak terlalu membutuhkan bahan yang banyak.

Resep Mendol Tempe Khas Malang
10 potong tempe, kemudian dikukus
5 siung bawang putih
2 bawang merah
1 potong kencur
Daun jeruk purut secukupnya
4 cabe merah
Cabe rawit sesuai selera tergantung suka pedas atau tidak
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya(bila suka)

Cara Membuat
  • Haluskan semua bahan bumbu diatas, kemudian tempe potong-potonglah kecil-kecil
  • Jika sudah haluskan tempe tersebut bersama dengan bumbu halus hingga semuanya benar-benar tercampur
  • Ambil adonan sesuai selera kemudian bentuklah lonjong-lonjong
  • Panaskan minyak goreng hingga matang kecokelatan
  • Sajikan bersama saus

0 comments:

Post a Comment