Resep Memasak Sayur Rebung Daun Melinjo

Rebung adalah tunas muda dari pohon bambu yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia maupun Asia untuk dikonsumsi dan dijadikan beragam jenis makanan maupun masakan. Salah satu masakan tersebut adalah apa yang kita kenal sebagai sayur rebung yang secara turun-temurun masakan seperti ini cukup sering kita jumpai dalam kehidupan rumah tangga terutama didaerah Jawa.

Masakan dari rebung ini sudah ada sejak jaman dahulu dan menjadi salah satu masakan legendaris nusantara yang memiliki rasa yang begitu khas yaitu gurih dengan cita rasa rebung. Selain itu masakan tradisional dari rebung juga bisa dibilang merupakan sebuah masakan yang cukup segmented atau kalangan tertentu saja yang suka masakan dari rebung, karena pada umumnya untuk anak-anak kurang suka dengan masakan seperti ini.

Seperti masakan-masakan tradisional lainnya jika masakan ini cocok jika kita santab dengan nasi hangat beserta dengan aneka macam lauk lainnya sesuai selera. Selain itu terkadang dalam membuatnya juga ditambahkan dengan bahan-bahan lainnya dan salah satunya adalah daun melinjo muda atau orang Jawa menyebutnya sebagai daun so(godong so), agar rasanya lebih segar.

Bagi masyarakat Jawa terutama untuk ibu-ibu rumah tangga tentu sudah bisa membuat masakan seperti ini, namun mungkin ada diantara anda yang belum pernah mencoba membuatnya dan ingin mencobanya. Oleh karena itu, tidak ketinggalan pada artikel ini kami juga akan sedikit berbagi tentang salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep Sayur Rebung Daun Melinjo
1 buah rebung, potong dan iris tipis-tipis kemudian rebus kira-kira 5 menit
1 ikat daun melinjo muda
1 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
3 gelas air

Bumbu

4 bawang merah
4 siung bawang putih'
4 cabe merah besar
4 cabe hijau besar
1 potong tempe busuk(semangit)
50 gram gula merah
1 lembar daun salam
1 potong lengkuas
Vitsin secukupnya(bila suka)
Garam secukupnya

Cara Memasak
  • Iris tipis bawang merah dan bawang putih, kemudian cabe merah dan cabe hijau juga diiris-iris, tempe semangit potong sesuai selera
  • Rebus 3 gelas air hingga mendidih kemudian semua bumbu masukan dan tutup kira-kira selama 3 menit
  • Aduk sebentar kemudian masukan rebung dan tutuplah kembali sebentar
  • Masukan daun melinjo muda dan tutup lagi kira-kira 3 menit
  • Jika semua bahan sudah lunak, tuangkan santan dan tutup kembali hingga mendidih
  • Siap sajikan

0 comments:

Post a Comment