Resep Memasak Tumis Jagung Putren Udang Rawa

Tumis atau oseng-oseng adalah sebuah masakan tradisional Indonesia yang sangat disukai oleh masyarakat karena rasanya yang lezat selain itu juga cara membuatnya yang cepat dan juga cukup praktis sehingga cocok buat anda semua yang sibuk. Tumis sendiri beragam macamnya yang dibedakan berdasarkan dari bahan untuk membuatnya dan salah satunya adalah tumis jagung putren yang mungkin sebagian dari anda sduah pernah mencicipinya.

Jagung putren sendiri adalah jagung muda yang masih kuncup sehingga masih sangat empuk dan bisa diolah menjadi beragam masakan, selain itu juga mudah untuk bisa kita dapatkan dipasar-pasar tradisional dengan harga yang terjangkau. Rasa dari jagung putren sendiri juga sangat khas yaitu agak manis dengan aroma jagung yang membuat aneka masakan yang diberi jagung putren akan bertambah lezat termasuk tumisan seperti ini.

Tumisan dari jagung putren juga akan terasa lebih sedap lagi jika ditambahkan dengan bahan-bahan lain ketika membuatnya seperti buncis, wortel kemudian juga udang yang tentunya akan membuat lidah orang yang memakannya akan bergoyang. Selain itu masakan seperti ini juga cocok disantab bersama dengan nasi putih hangat dan beberapa macam lauk atau sayur sesuai selera.

Masakan seperti ini sebenarnya juga sudah umum dibuat untuk hidangan keluarga sehingga tentu saja mungkin sudah banyak diantara anda yang sudah bisa membuatnya. Namun mungkin ada diantara anda yang sedang belajar memasak dan ingin mencoba membuat tumis atau oseng-oseng jagung putren seperti ini, maka tidak lupa pada kesempatan ini kami juga akan seidkit berbagi tentang resep dan cara membuatnya.

Resep Tumis Jagung Putren Udang Rawa
100 gram jagung putren(jagung muda), iris serong agak tipis
100 gram buncis, potong-potong
50 gram wortel, kupas dan potong memanjang
75 gram udang rawa, bersihkan
1 gelas air
3 sendok makan untuk menumis

Bumbu
3 bawang putih
4 bawang merah
3 cabe merah besar
3 cabe hijau besar
1/2 buah tomat
Gula merah secukupnya
1 sendok kecil garam
1 daun salam
1 ruas lengkuas
Vitsin secukupnya(bila suka)

Cara membuat
  • Iris tipis-tipis bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe hijau kemudian tumislah hingga harum
  • Jika sudah masukan udang dan tunggu hingga layu
  • Masukan wortel hingga agak empuk, kemudian baru masukan buncis dan jagung putren, aduk hingga tercampur
  • Masukan garam, daun salam, lengkuas, vitsin dan gula merah kemudian aduk kembali
  • Tuangkan air kemudian tutup kira-kira 5 menit
  • Jika sudah buka dan aduk kembali hingga air agak berkurang
  • Siap untuk disajikan

0 comments:

Post a Comment