Resep Membuat Kue Lapis Surabaya

Sebelumnya blog ini membahas sebuah kue tradisional khas Jawa Timur yang terbuat dari tempe yaitu apa yang dinamakan dngan mendol, maka untuk kali ini mari kita menuju ibu kota provinsi tersebut yaitu Surabaya dimana kota ini memiliki beragam kuliner dan salah satunya yang begitu populer adalah kue Lapis Surabaya. Bagi anda yang sedang berkunjung ke kota Surabaya jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas kue lapis seperti ini, karena kue ini rasanya begitu nikmat dan juga manis sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluarga dirumah maupun sanak saudara.

Sesuai dengan namanya jika kue ini memiliki tekstur yang berlapis yang pada umumnya adalah berwarna kuning dan cokelat, sehingga juga menarik untuk dipandang mata yang akan membuat kita semua langsung ingin menyantabnya ketika melihatnya saja. Karena rasanya yang manis tentu kue seperti ini juga sangat disukai oleh anak-anak maupun orang tua karena kue ini juga empuk ketika digigit.

Jika dilihat kue ini mungkin bisa dibilang mirip dengan kue bolu atau cake yang berlapis, namun dalam membuatnya menggunakan bahan telur dengan jumlah yang cukup banyak sehingga tentu rasanya akan lebih legit. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang belum sempat berkunjung ke Surabaya namun ingin mencicipi kue lapis seperti ini, berikut adalah resep dan cara membuatnya bagi anda yang ingin mencoba membuat sendiri dirumah.

Resep Kue Lapis Surabaya
Bahan I (Lapisan Kuning)
10 butir kuning telur
50 gram tepung terigu protein sedang
25 gram tepung maizena
125 gram gula halus
130 gram margarin, kemudian dikocok
1/2 sendok kecil vanili

Bahan II (Lapisan Cokelat)
10 butir kuning telur
45 gram tepung terigu protein sedang
15 gram tepung maizena
130 gram gula halus
125 margarin, dikocok
15 gram coklat bubuk
1/2 sendok kecil coklat pasta
1/2 sendok kecil vanili

Bahan olesan
Selai stroberi atau butter cream atau sesuai selera

Cara Membuat
  • Pertama kocoklah kuning telur bersama dengan gula halus dan vanili hingga menjadi mengembang.
  • Jika sudah campurkan tepung terigu dan tepung maizena kemudian masukan sedikit demi sedikit kedalam kocokan telur diatas sambil diaduk 
  • Masukan margarin kemudian aduk perlahan hingga rata
  • Siapkan loyang yang sudah dialasi kertas dan diolesi mentega 
  • Tuangkan adonan dan panggang didalam oven hingga matang dan angkat
  • Tunggu hingga dingin olesilah dengan butter cream atau selai 
  • Buatlah bagian coklatnya caranya kurang lebih sama dengan yang diatas, dan jika sudah susun sesuai selera bisa 2 lapis atau 3 lapis dengan tiap lapis diolesi selai atau butter cream

0 comments:

Post a Comment