Resep Membuat Kue Apem Kukus Enak

Masyarakat Indonesia mengenal kue apem sebagai kue legendaris yang sudah ada sejak dahulu kala, dimana kue ini secara umum dimasak dengan cara dipanggang diatas cetakan yang berbentuk bundar. Namun selain itu ada juga kue apem lain yang tidak kalah lezatnya dengan apem panggang yaitu kue apem kukus yang mungkin bagi sebagian dari anda sangat mengenal kue semacam ini atau mungkin juga menjadi salah satu kue kesayangan anda.

Sesuai dengan namanya kue ini dimasak dengan cara dikukus sehingga apem kukus juga memiliki tekstur yang lebih empuk ketika digigit. Selain itu kue ini juga memiliki rasa yang manis dan pada umumnya ada juga yang menyajikannya dengan kelapa paut sehingga akan membuat rasanya bertambah segar.

Dalam membuat kue apem kukus bentuknya juga cukup beragam yang disesuaikan dengan cetakan yang digunakan ketika membuatnya, dan yang paling sering adalah berbentuk mangkuk kecil yang berwarna-warni sehingga tampilannya juga sangat menarik.

Kue seperti ini sangat cocok untuk hidangan acara-acara seperti arisan, pengajian, kumpul warga, maupun sebagai camilan keluarga dirumah. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik ingin mencoba membuatnya, berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya. 

Bahan-bahan
250 gram tepung beras
50 gram tepung tapioka
1/2 bungkus ragi instan(1 bungkusnya 11 gram)
150 gram gula pasir
200 ml santan
250 ml air hangat
Garam secukupnya
Kelapa parut secukupnya, kemudian dikukus untuk taburan
Pewarna makanan sesuai selera secukupnya

Cara Membuat
  • Cairkan ragi instan dengan sedikit air hangat dan beri 1/2 sendok kecil gula pasir
  • Masaklah santan bersama gula pasir hingga mendidih
  • Campurkan beberapa bahan seperti tepung tapioka, tepung beras, ragi instan yang sudah dicairkan, dan air, kemudian uleni kira-kira selama 10 menit
  • Jika sudah tuangkan santan kemudian aduk kembali hingga merata
  • Diamkan adonan kira-kira 1 jam agar mengembang
  • Siapkan cetakan(bisa mangkuk kecil plastik) kemudian tuang adonan kedalam masing-masing cetakan yang sudah disiapkan
  • Kukuslah hingga matang, kemudian angkat dan tunggu hingga dingin, keluarkan dari cetakan dan sajikan bersama dengan kelapa parut

0 comments:

Post a Comment