Resep Membuat Gadon Sapi

Pada artikel sebelumnya blog ini membahas sebuah masakan yang terbuat dari daging sapi yaitu asem-asem daging sapi, maka untuk kesempatan kali ini juga masih seputar olahan daging sapi lainnya yaitu apa yang disebut-sebut sebagai Gadon Sapi. Mungkin bagi sebagian dari anda ada yang masih terasa asing dengan masakan seperti ini, karena Gadon Sapi bisa dibilang kian lama kian jarang ada orang yang membuatnya, mengingat harga dari daging sapi sendiri yang cenderung tidak stabil akhir-akhir ini.

Kuliner seperti ini adalah sebuah masakan berupa daging sapi yang dicincang halus kemudian diberi bumbu rempah dan dimasak dengan cara dikukus. Selain itu pada umumnya ketika dimasak sebelumnya juga dibungkus terlebih dahulu oleh daun pisang, sehingga ketika belum dibuka akan mirip dengan botok.

Gadon Sapi juga sangat cocok untuk kita santab bersama dengan nasi putih hangat sebagai lauk makan, maupun disantab bersama dengan beberapa jenis masakan sayur lainnya. Dan jika dilihat dari segi rasanya menurut saya masakan seperti ini memiliki rasa yang dominan dengan rasa gurih manis yang sangat khas.

Bagi anda semua yang belum pernah mencicipi masakan terbuat dari daging sapi seperti ini tentu lebih baik jika membuatnya sendiri, karena masakan seperti ini cukup sulit untuk bisa ditemukan penjualnya. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik membuatnya berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya yang bisa anda coba.

Bahan-bahan
250 gram daging sapi kemudian dicincang
1 gelas santan kental
1 butir telur
2 lembar kulbis iris lembut
1 buah wortel iris lembut
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu
3 siung bawang putih
3 bawang merah
1/2 sendok kecil ketumbar
5 butir kemiri
1 ruas jari kencur
1 sendok kecil garam
2 sendok kecil gula pasir
Sedikit vitsin(optional bila suka)

Cara Membuat
  • Haluskan bumbu kecuali gula pasir dan vitsin
  • Siapkan wadah kemudian campurkan semua bahan bumbu, tuangkan santan, kulbis, wortel dan daging cincang, aduk hingga semua tercampur rata
  • Masukan telur kemudian aduk kembali
  • Jika sudah siapkan daun pisang dan isilah masing-masing dengan 2 sendok makan adonan dan semat dengan lidi
  • Kukus kira-kira setengah jam hingga matang

0 comments:

Post a Comment