Resep Memasak Sayur Bobor Lembayung

Masyarakat Indonesia mengenal sebuah masakan tradisional legendaris yaitu sayur bobor, dimana masakan seperti ini disinyalir sudah ada sejak dahulu kala namun hingga sekarang tetap bertahan dan banyak yang suka dengan masakan seperti ini. Menariknya lagi masakan sayur seperti ini sendiri juga cukup bervariasi jenisnya yang dibedakan berdasarkan dari jenis sayur yang digunakan dalam membuatnya.

Jika beberapa waktu yang lalu blog ini membahas tentang masakan sayur bobor bayam dan bobor adas, maka untuk kali ini juga yang tidak kalah lezatnya yaitu sayur bobor lembayung atau mbayung(sebutan bagi orang Jawa) yang mungkin anda sendiri juga pernah mencicipinya. Masakan seperti ini memiliki rasa yang khas dimana daun lembayung sendiri memiliki tektur yang terasa agak sedikit kasar jika dibandingkan dengan bayam, namun tetap terasa segar dan lezat.

Seperti kita ketahui semua jika kuah masakan bobor juga memiliki rasa yang gurih dan juga bisa dibilang sedikit manis, selain itu juga memiliki aroma yang khas dan harum ketika kita mencium uapnya pada saat masih dalam keadaan panas.

Seperti jenis masakan bobor lainnya, ketika membuat bobor lembayung juga bisa ditambahkan bahan lain seperti labu siam atau juga pepaya muda yang dipotong tipis-tipis. Akhir kata bagi anda yang ingin mencoba membuatnya berikut adalah salah satu resepnya yang bisa anda coba.

Bahan Yang Dibutuhkan
1 ikat daun lembayung, buang batangnya
1/2 butir kelapa jadikan 2 gelas santan
3 gelas air

Bumbu
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok makan garam atau sesuai selera
1/2 sendok kecil ketumbar
1 ruas jari kencur
3 buah kemiri gelondong
1 potong tempe busuk(semangit)
2 iris buah tomat 
1 lembar daun salam
1 potong lengkuas
25 gram gula merah
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara Memasak
  • Tumbuk halus bawang merah, bawang putih, ketumbar, kencur, garam, kemiri, sedangkan untuk tempe busuk(semangit) dan tomat tumbuk kasar saja
  • Panaskan air kemudian masukan bumbu halus diatas dan tunggu hingga mendidih
  • Jika sudah masukan gula merah, vitsin, daun salam, lengkuas dan daun lembayung
  • Rebus kira-kira 5 menit hingga lembayung lunak
  • Tuangkan 2 gelas santan dan tunggu hingga mendidih kembali
  • Sayur bobor lembayung siap disajikan

0 comments:

Post a Comment