Resep Membuat Bolu Kukus Pelangi/Rainbow

Bolu kukus adalah salah satu jenis kue legendaris yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis dan empuk ketika digigit. Kue seperti ini dari masa ke masa akan selalu ada dan tidak akan pernah punah karena selalu ada penggemar setianya dari segala kalangan dan segala usia. Oleh karena itu dalam perkembangannya kue seperti ini cukup beragam variasinya yang sangat menarik untuk dibahas.

Salah satu variasi bolu yang sekarang sedang menjadi trend dan banyak dicari oleh masyarakat adalah apa yang disebut-sebut sebagai bolu kukus pelangi atau rainbow. Sesuai dengan namanya kue seperti ini memiliki penampilan yang warna-warni yang sangat cantik, sehingga tentu saja akan sangat menggoda ketika kita melihatnya yang akan membuat bagi siapa saja terasa langsung ingin memakannya.

Dengan penampilannya yang begitu menarik bolu kukus pelangi juga akan membuat anak-anak sangat suka dengannya sebagai camilan ketika dirumah maupun bekal untuk kesekolah. Selain itu kue yang bisa dibilang menjadi trend seperti ini juga mudah untuk bisa ditemukan ditoko-toko kue dimana saja dengan harga yang bervariasi.

Namun jika ada diantara anda yang belum pernah membuatnya dan ingin mencobanya, tidak ketinggalan pada kesempatan kali ini blog ini juga akan sedikit berbagi tentang salah satu resep beserta cara membuatnya.

Bahan Yang Dibutuhkan
200 gram Tepung Terigu.
200 gram Gula Pasir
6 butir Telur Ayam Kampung
1 sendok makan Emulsifier
75 ml Santan Kental
50 ml Minyak Sayur
Sedikit garam halus
Pewarna makanan secukupnya(cokelat, kuning, hijau, merah muda atau sesuai selera)

Cara Membuat
  • Kocoklah beberapa bahan dengan mixer seperti telur, emulsifier, garam dan gula hingga semuanya benar-benar tercampur
  • Masukan tepung terigu kemudian aduk kembali secara perlahan
  • Tuangkan santan dan minyak sayur dan aduklah menggunakan spatula
  • Bagilah adonan menjadi 4 bagian pada tempat terpisah dan masing-masing berilah pewarna cokelat, kuning, hijau, merah muda secukupnya kemudian aduk merata untuk masing-masing adonan
  • Siapkan loyang yang diolesi dengan sedikit mentega dan diberi alas kertas roti
  • Tuangkan adonan warna cokelat kemudian kukus kurang lebih 10 menit(jangan lupa tutup untuk pengukus berilah lap atau kain bersih supaya tetesan uap air tidak jatuh kedalam adonan)
  • Jika sudah tuangkan adonan warna berikutnya kukus kembali dan seterusnya hingga adonan terakhir kukus kira-kira 20-25 menit hingga matang
  • Angkat tunggu hingga dingin dan potong-potonglah sesuai selera

0 comments:

Post a Comment