Cara Membuat Kulit Tortila

Selain roti cane atau canai yang kabarnya merupakan sebuah roti hasil perpaduan budaya kuliner India, ternyata ada sebuah roti sejenis yang cukup mirip dengan roti cane tersebut yaitu apa yang dinamakan dengan Tortila. Keduanya sama-sama berbentuk bundar yang pipih dan terbuat dari tepung terigu, namun untuk Tortila konon kabarnya berasal dari budaya kuliner Spanyol dan selain terigu ada juga yang terbuat dari jagung giling.

Perbedaan lainnya jika roti cane disajikan bersama masakan kari atau gulai sedangkan untuk yang satu ini biasanya disajikan bersama dengan olahan daging sapi dan beberapa jenis sayur seperti selada, kentang goreng dan lain-lain dengan cara digulung atau sesuai selera.

Berdasarkan dari sumber yang saya dapat, makanan dari tepung seperti ini sudah ada sejak jaman dahulu bahkan sebelum benua Amerika kedatangan bangsa Eropa. Sedangkan nama Tortila sendiri merupakan istilah bahasa Spanyol karena dianggap mirip dengan kue dan telur dadar tradisional bangsa Spanyol, dan secara etimology berasal dari kata torta yang memiliki arti sebuah kue bundar.

Makanan ini juga cukup populer diberbagai belahan dunia, dan yang cukup sering kita jumpai yaitu juga digunakan sebagai kulit untuk kebab yang sekarang juga menjadi salah satu trend kuliner luar negeri di Indonesia. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang ingin membuatnya, berikut adalah salah satu resepnya.

Bahan
125 gram tepung terigu
50 ml susu cair panas
1/4 sendok kecil garam
1/4 sendok kecil baking powder
1/4 sendok kecil gula pasir
3 sendok kecil minyak goreng

Cara Membuat
  • Siapkan sebuah wadah kemudian campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, baking powder, gula pasir, garam dan minyak goreng kemudian aduk hingga benar-benar merata
  • Jika sudah tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kalis
  • Diamkan kira-kira setengah jam dengan ditutup kain bersih diatasnya
  • Bagi adonan menjadi 4 bagian dan bulatkan kemudian diamkan lagi setengah jam
  • Gilinglah masing-masing adonan hingga pipih dan bundar
  • Panaskan wajan datar anti lengket, jika sudah pangganglah hingga matang dibolak-balik

0 comments:

Post a Comment