Resep Memasak Tumis Sawi Hijau Udang

Sawi hijau(caisim, caisin, atau sawi bakso) adalah sejenis sayuran yang sering kita jumpai dalam bakso kuah dan juga mie ayam yang akan membuat kedua masakan tersebut terasa lebih segar. Namun selain itu sawi hijau sendiri juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk diolah menjadi beragam masakan lainnya, dan salah satunya yang bisa dibilang populer adalah masakan tumis sawi hijau.

Masakan seperti ini sering dibuat untuk hidangan keluarga yang rasanya gurih dan segar dengan cita rasa khas sawi yang tentu akan membuat kita semua terutama penggemar masakan tumisan atau oseng-oseng terasa lahab ketika memakannya. Dalam membuat masakan dari sayur sawi seperti ini terkadang juga ditambahkan bahan lain agar lebih sedap seperti udang kemudian tahu dan lain-lain sesuai dengan selera masing-masing dalam membuatnya.

Tumis sawi cocok disajikan bersama dengan nasi putih hangat dan juga lauk seperti telur ceplok dan lain-lain, namun selain itu masakan seperti ini juga nikmat jika kita santab langsung tanpa nasi. Sebagai salah satu masakan legendaris, tentu sudah banyak diantara anda yang sudah pernah mencicipi nikmatnya masakan tradisional nusantara seperti ini. Namun jika saja memang ada yang belum pernah mencicipinya, pada kesempatan ini kami juga akan sedikit berbagi tentang salah satu resep dan cara memasak untuk masakan tumis sawi udang.


Resep
1 ikat sawi hijau, potong kira-kira 5 cm kemudian cuci bersih
150 gram udang rawa
3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu
4 bawang merah, iris tipis
4 bawang putih, iris tipis
5 cabe merah besar, diiris-iris
3 cabe hijau besar, diiris-iris
1 sendok makan saus ikan
Garam secukupnya
25 gram gula merah
1 potong lengkuas
1 lembar daun salam
Vitsin secukupnya(bila suka)

Cara Memasak
  • Panaskan sedikit minyak kemudian masukan udang terlebih dahulu hingga agak layu
  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga beraroma, kemudian masukan cabe merah dan cabe hijau
  • Masukan garam, daun salam, lengkuas, gula merah dan vitsin(bila suka), kemudian aduk hingga semuanya tercampur
  • Masukan sawi yang sudah disiapkan kemudian dibolak balik
  • Jika sudah masukan saus ikan aduk sebentar dan tutup hingga sawi benar-benar layu dan keluar airnya
Mudah bukan, sekarang masakan yang anda buat sudah bisa anda nikmati bersama keluarga, selain itu masak tumis juga bisa dibilang cepat dan cukup praktis sehingga bagi anda yang memiliki banyak kesibukan cocok untuk memasak tumisan seperti ini.

0 comments:

Post a Comment