Cara Membuat Camilan Tela-Tela

Singkong(Manihot esculenta) adalah sejenis ubi yang sering dimanfaatkan untuk dikonsumsi sekaligus sebagai salah satu sumber karbohidrat yang juga digemari oleh masyarakat Indonesia. Walaupun ubi ini memiliki kesan ndeso namun jangan salah karena singkong ini juga terbilang ajaib karena bisa dijadikan beraneka ragam kue tradisional yang banyak jenisnya. Salah satunya yang cukup ngetrend akhir-akhir ini adalah apa yang dinamakan dengan Tela-tela, yang mungkin sebagian dari anda ada yang pernah mencicipinya.

Tela-tela adalah sebuah camilan terbuat dari singkong, dimana singkong  tersebut dipotong kecil-kecil memanjang kemudian digoreng dan ditaburi oleh bumbu serbuk siap saji aneka rasa seperti balado, keju, rasa jagung bakar dan lain-lain. Menariknya bumbu tersebut juga cukup mudah untuk bisa kita dapatkan ditoko-toko dengan kemasan tertentu dengan harga yang juga cukup beragam.

Kudapan seperti ini juga mudah untuk bisa kita didapatkan dikampung-kampung, selain itu penggemar dari makanan dari singkong ini adalah dari anak-anak hingga orang dewasa dan harganyapun juga murah meriah. Sebagai sebuah makanan dari singkong tentu jika camilan ini cukup bisa untuk menunda rasa lapar kita, terlebih lagi bagi anda yang pernah mencicipinya tentu anda sendiri juga tahu karena ketika menyantabnya serasa tidak ingin berhenti hingga habis.

Bagi anda semua yang sedang memiliki persediaan ketela pohon atau singkong dirumah, tidak ada salahnya jika mencoba dibuat menjadi kudapan seperti ini. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya juga akan sedikit berbagi tentang cara membuatnya beserta resepnya
Bahan Untuk Membuat
500 gram singkong
300 gram minyak goreng
100 gram mentega
Bumbu tela-tela dengan rasa sesuai selera(bisa didapatkan ditoko-toko)

Cara Membuat
  • Kupas singkong kemudian bersihkan
  • Kukus kira-kira 20 menit hingga empuk
  • Potong singkong kukus seperti stik memanjang dengan ukuran sesuai selera
  • Siapkan wajan dan minyak, jika sudah agak panas masukan mentega hingga mencair
  • Gorenglah singkong kukus yang sudah dipotong-potong, hingga kuning kecokelatan
  • Jika sudah tiriskan, masukan kedalam wadah tertutup(bisa stoples) dan taburi dengan bumbu dengan rasa sesuai selera anda, kocok toples agar bumbu tercampur rata

0 comments:

Post a Comment