Resep Membuat Siomay Ayam

Salah satu jenis makanan atau camilan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia adalah apa yang dinamakan dengan siomay, yang tentu saja jika anda semua tidak asing dengannya dan pernah mencicipi kenikmatannya. Kepopuleran kuliner seperti ini juga bisa dikatan setara dengan empek-empek khas Palembang yang keduanya memiliki cita rasa khas masing-masing yang menjadi kekayaan kuliner tanah air.

Berdasarkan dari sumber yang saya dapatkan konon kabarnya makanan seperti ini pada mulanya berasal dari Mongolia Dalam, yang dalam bahasa mandarin disebut sebagai shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Untuk di Indonesia sendiri sebenarnya jenis siomay juga cukup bervariasi, ada yang dibuat dengan dibungkus dengan lapisan kulit pangsit namun juga ada yang tidak, selain itu bahan untuk membuatnya juga cukup beragam dari daging ayam, udang, kepiting, daging sapi dan mungkin masih ada yang lainnya.

Dalam menyantab hidangan siomay(siomai), masyarakat Indonesia terkadang ada yang dicocol atau disiram dengan saus kacang tanah, selain itu juga ada yang disajikan beberapa jenis pelengkap lainnya seperti kentang, pare, kubis yang semuanya dikukus terlebih dahulu, dan juga tahu yang diisi oleh adonan tepung sagu.

Jika dilihat dari rasanya makanan legendaris ini memang sangatlah gurih yang ketika gigit juga agak kenyal sehingga disukai oleh semua orang dari segala kalangan. Selain itu makanan lezat ini juga mudah untuk bisa kita temukan dimana saja, karena bisa dikatakan jika kuliner ini sudah tersebar diberbagai daerah dinusantara dari kelas pedagang keliling dan kaki lima hingga kelas restoran. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah, berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya untuk siomay yang dibuat dari daging ayam.

Resep Siomay Ayam
325gram filet daging ayam, digiling
4-5 sendok makan tepung sagu
1 sendok makan tepung terigu
1 sendok kecil merica bubuk
1 sendok kecil gula pasir
1 sendok kecil minyak wijen
1 buah wortel iris halus
2 daun bawang iris halus
1 butir telur
Garam secukupnya
17-20 lembar kulit pangsit sebagai pembungkus

Cara Membuat
  • Campurkan semua bahan diatas kemudian aduk hingga rata dan menjadi adonan, kecuali kulit pangsit dan wortel
  • Jika sudah ambil satu sendok adonan atau sesuai selera, kemudian masukan kedalam kulit pangsit, taburi dengan wortel dan bungkus 
  • Kukus semuanya hingga matang
Bahan membuat saus kacang
300 gram kacang tanah kemudian disangrai
6 cabai merah buang bijinya(atau sesuai selera)
4 buah bawang putih
2 sendok makan gula pasir
1 sendok garam
Air matang secukupnya
Jeruk limau

Cara Membuat Saus kacang
  • Tumbuk kacang sangrai hingga halus atau juga bisa diblender
  • Gorenglah bawang putih dan cabai hingga terlihat layu, kemudian tumbus halus bersama gula dan garam.
  • Campurkan kacang sangrai halus dan bumbu halus, kemudian berilah air secukupnya dan diaduk
  • Masak atau panaskan sebentar saus kacang, kemudian angkat dan beri perasan jeruk limau secukupnya

0 comments:

Post a Comment