Cara Mudah dan Sederhana Membuat Buttercream

Buttercream atau ada juga yang menyebutnya sebagai Krim butter adalah adonan yang pada umumnya digunakan dalam cake sebagai pelapis, topping maupun sebagai hiasan atau dekorasi kue. Selain bisa mempercantik tampilan dari kue seperti cake, bahan seperti ini juga memiliki rasa yang manis sehingga juga memberikan cita rasa tersendiri untuk kue, sehingga tidak heran jika kue yang menggunakan hiasan dengan buttercream akan lebih disukai oleh anak-anak karena tampilannya yang cantik dan rasanya yang lebih manis.

Jika dilihat dari asal katanya "Butter" sendiri merupakan bahasa Inggris yang memiliki arti sebagai mentega, sedangkan "Cream" jika kita artikan adalah krim atau buih karena adonan seperti ini jika dilihat memang seperti berbuih. Hal tersebut karena bahan hiasan kue seperti ini sendiri sesuai dengan asal katanya terbuat dari adonan mentega sehingga juga memiliki tekstur yang sangat lembut.

Secara umum buttercream memiliki warna putih, namun juga ada variasi rasa maupun warna lainnya seperti cokelat, strowberi, pandan dan lain-lain, sehingga akan lebih memperindah kue yang diberi macam-macam bahan tersebut.

Bagi anda semua yang sudah biasa membuat kue tentu sudah bisa dengan mudah membuat olahan mentega untuk kue seperti ini, namun apabila memang ada yang masih belajar membuat kue dan ingin mencoba membuatnya sendiri berikut adalah salah satu resep sederhana dan cara membuatnya dengan mudah.

Bahan
100 gram gula bubuk(tepung gula)
200 gram mentega
2 sendok makan susu kental manis

Cara Membuat
  • Pertama kocok terlebih dahulu mentega hingga lembut, kemudian masukan gula bubuk dan kocok kembali hingga tercampur.
  • Tuangkan 2 sendok susu kental dan kocok lagi, agar rasanya lebih manis
  • Naikan kecepatan mixer dengan kecepatan sedang dan kocok kembali kira-kira setengah jam hingga berwarna putih
Sesuai dengan yang saya sebut diatas Krim butter seperti ini juga bisa ditambahkan variasi rasa lain seperti cokelat, strowberi dan lain-lain sesuai selera anda

0 comments:

Post a Comment