Resep Membuat Rempeyek Udang/Rebon

Udang adalah sejenis binatang air yang sangat disukai untuk dikonsumsi karena memiliki rasa yang sangat gurih dengan aroma yang begitu khas. Oleh karena itu banyak sekali tercipta beragam masakan maupun olahan makanan lain yang terbuat dari udang dari masakan sederhana hingga mewah. Di Indoensia sendiri udang juga bervariasi dalam pengolahannya, dan salah satunya yang terbilang sederhana adalah apa yang disebut rempeyek udang yang tentunya anda tidak asing dengannya.

Makanan seperti ini adalah berupa keripik yang renyah, dimana dalam membuatnya menggunakan adonan tepung yang dicampur dengan udang kemudian dimasak dengan cara digoreng tipis. Selain itu Rempeyek yang terbuat dari udang juga sangat nikmat jika kita jadikan sebagai camilan ketika senggang dengan ditemani segelas teh, namun selain itu camilan seperti ini juga enak jika kita jadikan lauk ketika makan nasi hangat dengan masakan sayur.

Sebenarnya camilan seperti ini juga hampir sama dengan beberapa jenis rempeyek(peyek) lainnya, namun yang membedakannya tentu saja adalah bahan yang digunakan untuk membuatnya dan juga rasanya. Oleh karena itu tentu saja sudah banyak dari anda terutama ibu-ibu rumah tangga yang bisa dengan mudah membuatnya. Namun mungkin saja jika ada yang belum bisa atau memang belum pernah membuatnya, tidak ketinggalan pada artikel ini juga akan sedikit berbagi tentang resep dan cara membuat rempeyek udang tersebut.
Resep
150 gram udang rawa atau rebon, bersihkan kepalanya
250 gram tepung beras
1,5 gelas air
2 helai daun bawang, iris halus
1 sendok makan air kapur sirih

Bumbu
3 siung bawang putih
1 sendok kecil garam
1/2 sendok kecil ketumbar
1 ruas kencur
5 buah kemiri gelondong
Vitsin secukupnya(bila suka)

Cara Membuat

  • Bawang putih, garam, ketumbar, kemiri, kencur tumbuklah hingga halus
  • Campurkan dengan air kemudian aduk hingga larut
  • Masukan tepung beras, daun bawang dan air kapur sirih, kemudian aduklah hingga menjadi adonan
  • Panaskan minyak, kemudian ambil satu sendok adonan tepung,  goreng tipis kemudian atasnya beri udang sesuai selera
  • Tunggu hingga matang kekuningan dan adonan mengeras
  • Siap disajikan

0 comments:

Post a Comment