Cara Membuat Tahu Bacem Enak dan Resepnya

Seperti kita ketahui semua jika salah satu jenis olahan kedelai yang sangat disukai oleh masyarakat yaitu tahu, sehingga tercipta beragam makanan maupun masakan yang terbuat dari tahu tersebut. Salah satunya yang sangat umum kita kenal adalah apa yang sering disebut-sebut sebagai tahu bacem, yang tentu saja bagi kita semua pernah mencicipi kenikmatannya karena makanan seperti ini adalah salah satu kuliner legendaris tanah air yang tidak akan pernah hilang dari masa ke masa.

Beberapa orang menyebutkan jika makanan ini berasal dari Jawa Tengah yang juga sudah tersebar dibeberapa daerah dinusantara. Selain itu makanan yang terbuat dari tahu ini juga sering dibuat untuk hidangan keluarga masyarakat Indonesia yang dijadikan sebagai camilan dan ketika menyantabnya bersama cabe rawit hijau, namun juga cocok untuk teman makanan bersama nasi dan beragam jenis masakan sayur khas Indonesia.

Jika dilihat dari rasanya olahan tahu seperti ini memiliki rasa yang manis dan juga gurih khas tahu, karena dalam membuatnya juga dominan dengan bumbu kecap manis dan gula merah. Selain itu karena menggunakan bahan pemanis tersebut dan dimasak dengan cara digoreng maka tahu yang dimasak dengan bumbu bacem ini memiliki warna cokelat pekat yang terlihat ranum sehingga akan membuat kita semua ingin memakannya walaupun hanya melihatnya saja.

Selain orang dewasa tahu bacem juga sangat disukai oleh anak-anak, karena rasanya yang manis sehingga bagi anak-anak yang susah untuk makan terkadang jika dihidangkan lauk dari tahu ini maka mereka akan bertambah selera makannya.

Sebagai salah satu kuliner legendaris Indonesia tentu banyak diantara anda yang sudah bisa membuatnya. Namun mungkin saja ada diantara anda yang belum pernah sama sekali membuatnya dan ingin belajar membuat makanan tradisional seperti ini. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut, tidak lupa pada kesempatan ini saya juga akan sedikit berbagi tentang cara membuat tahu bacem enak beserta dengan resepnya.

Bahan
10 tahu putih
1/2 liter air
Minyak goreng

Bumbu
4 bawang merah
3 bawang putih
1 sendok kecil ketumbar
1 sendok kecil garam
2 sendok makan kecap manis
100 gram gula merah, disisir
1 lembar daun salam'
1 potong lengkuas

Cara Membuat
  • Tumbuk halus bawang merah, bawang putih, ketumbar dan garam
  • Rebus tahu bersama dengan bumbu halus diatas, kemudian masukan daun salam, lengkuas, kecap manis dan gula merah sisir
  • Tunggu hingga air benar-benar mengering
  • Jika sudah tinggal digoreng hingga matang
  • Sajikan bersama dengan cabe rawit hijau

0 comments:

Post a Comment