Resep Membuat Kue Maksuba

Palembang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, yang memiliki beragam kuliner yang terkenal diseluruh nusantara, dan tentu anda juga tahu salah satu kuliner tersebut adalah Empek-empek. Namun sebenarnya kuliner khas Palembang yang lain juga masih banyak yang sayang jika kita lewatkan ketika kita sedang berkunjung kekota tersebut. Salah satunya adalah sebuah kue yang bernama kue Maksuba, yang mungkin bagi sebagian dari anda yang berada diluar daerah Palembang dan sekitarnya masih asing dengannya dan belum pernah mencicipi kenikmatannya.

Kue Maksuba adalah sebuah kue tradisional yang pada umumnya terbuat dari telur bebek bersama dengan bahan pemanis lain seperti susu kental manis dan gula, sehingga tentu saja jika kue ini rasanya sangat manis dan juga legit yang akan disukai oleh anak-anak kecil hingga orang dewasa. Kue seperti ini sebenarnya juga mirip dengan kue 8 jam yang juga sama-sama khas Palembang, namun perbedaannya untuk kue ini memiliki tekstur yang berlapis sedangkan kue 8 jam tidak.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapat kue seperti ini lebih sering ada ketika acara-acara tertentu seperti acara pernikanan, hari raya dan lain-lain. Selain itu kue seperti ini juga sulit untuk bisa kita temukan didaerah lainnya sehingga bagi anda yang penasaran tentu harus berlibur ke Palembang. Namun jika anda sendiri belum berkesempatan untuk bisa berkunjung kekota tersebut dan masih penasaran dengan kue maksuba anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah, dan berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah salah satu resepnya.

Resep
24 butir telur bebek
250 gram Mentega, lelehkan
1 kaleng Susu kental manis
325 gram Gula pasir 
1 sendok kecil Vanilla

Cara Membuat
  • Kocoklah telur bersama dengan gula, vanilla dan mentega, hingga semuanya tercampur dan gulanya larut
  • Jika sudah tuangkan susu kental manis dan kocok kembali hingga semuanya merata
  • Siapkan loyang ukuran 20x20cm yang sudah diolesi sedikit mentega dan dilapisi kertas roti
  • Tuangkan 200ml adonan kedalam loyang kemudian panggang didalam oven hingga setengah matang kira-kira 15 menit
  • Jika sudah keluarkan loyang kemudian olesi lagi dengan mentega diatas adonan setengah matang tesebut
  • Tuang lagi adonan 200ml dan panggang lagi setengah matang
  • Ulangi langkah tersebut 5-6 kali hingga adonan habis
  • Tunggu hingga matang, dan sajikanlah dengan dipotong-potong

0 comments:

Post a Comment