Resep Lotis-Camilan Buah Segar Khas Jawa

Masyarakat Jawa mengenal sebuah camilan segar yang terbuat dari beraneka ragam buah-buahan yang pada umumnya sering disantab ketika musim panas. Camilan ini adalah apa yang dinamakan dengan lotis(lothis) yang bisa dibilang sebagai kuliner legendaris karena dari masa ke masa camilan seperti ini mampu bertahan bahkan hingga sekarang. Selain itu camilan buah ini juga cukup mudah untuk bisa ditemukan penjualnya yang pada umumnya ada dipasar tradisional, dikampung-kampung hingga pedagang keliling yang biasanya juga menjajakan rujak.

Lotis sebenarnya juga camilan yang sederhana, dimana aneka buah-buahan seperti bengkuang, mentimun, pepaya setengah muda, nanas dan lain-lain dipotong kecil-kecil kemudian disantab dengan dicolekan terlebih dahulu pada saus atau sambal khusus yang rasanya sangat khas. Selain itu camilan seperti ini juga disukai oleh masyarakat dari segala lapisan dari anak-anak hingga orang dewasa, namun pada umumnya untuk anak-anak lebih suka sambal atau saus yang tidak pedas sehingga dominan dengan rasa manis.

Jika dilihat dari penampilannya camilan dari buah-buahan ini juga sangat menarik, karena terdiri dari buah-buahan yang berwarna-warni sehingga tentu saja membuat banyak orang langsung ingin memakannya ketika melihatnya saja.

Mungkin sudah banyak orang yang sudah pernah mencicipi camilan buah seperti ini terutama masyarakat jawa, namun mungkin ada juga yang belum pernah mencicipinya dan ditempat anda tinggal jarang untuk bisa ditemukan penjualnya. Oleh karena itu yang terbaik adalah membuatnya sendiri karena sebenarnya juga sangat mudah dan sederahana

Resep
Bengkuang
Mentimun
Nanas
Jambu biji
Jambu air
Kedondong
Pepaya setengah muda
Mangga muda atau mentah
Belimbing setengah muda

Bahan Membuat Saus atau Sambal lotis
100 gram gula merah
3 cabai rawit merah(atau sesuai selera suka pedas atau tidak)
1 lonjor asam Jawa
Garam dan terasi secukupnya

Cara Membuat
  • Kupaslah semua buah kemudian potong tipis-tipis seperti pada gambar dan cuci bersih
  • Buatlah sausnya dan caranya adalah tumbuk gula, cabe, garam dan terasi hingga halus. Masukan asam Jawa dan tuang sedikit air kemudian tumbuk lagi hingga semuanya merata dan benar-benar lembut
  • Cara menyajikan masukan semua buah kedalam piring, sedangkan sambal atau sausnya tuangkan kedalam cawan
  • Santab buah dengan dicocolkan terlebih dahulu kedalam saus

0 comments:

Post a Comment