Resep Membuat Kue Kering Opak Gambir

Beragam jenis kue tradisional khas Indonesia yang menjadi kekayaan kuliner tentu harus tetap kita lestarikan agar tidak punah, sehingga hingga anak cucu kita tetap mengenal makanan asli tanah air. Tidak hanya kue basah tradisional saja yang beragam namun juga kue kering tradisional yang rasanya nikmat harganyapun juga murah, sehingga pas dikantong siapa saja. Salah satu kue tradisional tersebut adalah yang mungkin anda tidak asing dengannya yaitu kue opak gambir.

Kue seperti ini sangat renyah ketika digigit dan rasanya juga manis sehingga disukai oleh semua orang dari segala kalangan. Selain itu kuliner ini juga sering muncul ketika lebaran, namun dihari-hari biasa kue kering seperti ini juga mudah untuk bisa kita temukan penjualnya dibandingkan dengan beberapa jenis kue lebaran yang lain yang lebih bersifat musiman.

Secara umum kue manis ini memiliki bentuk seperti pipa dimana berbentuk memanjang dan pada bagian tengahnya berlubang. Hal ini karena dalam membuatnya adonan dicetak kemudian ketika sudah matang dan masih panas kue ini digulung seperti pipa. Namun selain dari pada itu terkadang juga ada bentuk lain dari kue ini yaitu dibentuk seperti segitiga dan lain-lain sehingga lebih bisa disesuaikan dengan selera masyarakat.

Kue renyah ini juga bisa dibilang sudah tersebar diberbagai daerah dinusantara sehingga mudah bisa ditemukan dimana saja, sedangkan untuk asal-usulnya sayangnya blog ini tidak menemukan informasi yang akurat. Akan tetapi setelah browsing diinternet kebanyakan menyebutkan jika kue ini adalah kue khas Jawa Timur seperti daerah Blitar, Kediri, Banyuwangi dan lain-lain.

Walaupun opak gambir mudah kita jumpai dimana saja, namun mungkin ada diantara anda yang penasaran ingin mencoba membuat sendiri kue khas tradisional seperti ini. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut, berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya. 

Resep
250 gram tepung beras
100 gram gula pasir
1/2 sendok teh kayu manis bubuk
4 butir telur
400 ml santan kental dari ½ butir kelapa
4 sendok makan wijen

Cara Membuat
  • Campurkan beberapa bahan seperti tepung beras, gula pasir, kayumanis dan santan kemudian aduk
  • Jika sudah kocoklah telur dan masukan kedalam adonan diatas dan aduk kembali hingga rata
  • Siapkan cetakan dan panaskan, kemudian olesilah dengan sedikit minyak
  • Jika sudah siap tuangkan sedikit adonan kemudian tutup dan tunggu hingga matang
  • Angkat dan ketika masih panas segera dibentuk sesuai selera, bisa digulung atau bentuk-bentuk lainnya

0 comments:

Post a Comment