Resep Memasak Gudeg Jogja

Yogyakarta adalah salah satu daerah istimewa di Indonesia yang terletak dibagian selatan Pulau Jawa bagian tengah. Daerah ini sangat dikenal dengan budayanya yang sangat kental, sehingga juga memiliki beragam kuliner khas daerah setempat yang sangat menarik untuk kita bahas. Salah satunya yang terbilang sangat legendaris adalah sebuah masakan yang bernama Gudeg(gudheg) yang rasanya sangat lezat sehingga sangat disukai oleh masyarakat.

Gudeg adalah sebuah masakan yang terbuat dari bahan dasar yaitu berupa nangka muda yang dimasak bersama dengan santan sehingga menghasilkan rasa yang sangat khas. Selain itu pada umumnya masakan khas Jogja ini juga disajikan bersama nasi hangat dan beberapa masakan lain seperti opor ayam tahu, kemudian sambal goreng kerecek dan juga telur rebus yang dimasak secara bersamaan dengan masakan tersebut.

Jika dilihat dari segi rasanya untuk masakan seperti ini memiliki rasa yang manis, terlebih lagi jika dipadukan dengan beberapa jenis masakan yang tersebut diatas tentu saja rasanya akan lebih nikmat dan mantab. Oleh karena itu bagi anda yang sedang berlibur atau berkunjung ke Yogyakarta maka tidak lengkap rasanya jika anda tidak mencoba masakan legendaris ini, bahkan karena begitu populernya sehingga kota Yogyakarta sendiri juga dijuluki sebagai kota Gudeg. 

Sebenarnya kuliner ini tidak hanya ada di Yogyakarta saja, akan tetapi juga sudah tersebar luas di Jawa Tengah bahkan mungkin, beberapa daerah-daerah lain terutama kota-kota besar di Indonesia. Menariknya lagi para penjaja masakan ini dari kelas kaki lima bahkan hingga restoran dan hotel berbintang juga ada yang menyajikan masakan legendaris ini.

Tidak perlu berpanjang lebar lagi, bagi anda yang belum pernah mencicipi rasa dari masakan ini namun didaerah anda tinggal tidak ada orang yang menjajakannya, maka tentu saja yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah resep beserta dengan cara memasaknya.

Resep
500 gram nangka muda, potong-potong bersihkan
2 liter air
1/2 butir kelapa jadikan 1 gelas santan
5 butir telur ayam rebus
2-3 lembar daun jati muda

Bumbu
4 siung bawang putih, haluskan
1 sendok kecil ketumbar, haluskan
1 sendok makan garam, haluskan
5 buah kemiri gelondong, haluskan
150 gram gula merah
1 lembar daun salam
1 ruas lengkuas
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara memasak
  • Rebus nangka muda dengan 1liter air dan dialasi daun jati hingga warnanya berubah kemerahan. Jika sudah tiriskan dan memarkan
  • Rebus 1 liter air sisanya hingga mendidih, kemudian masukan nangka mudah yang sudah berubah warna bersama dengan bahan bumbu-bumbu diatas dan telur, kemudian tutup hingga nangka muda menjadi empuk
  • Jika sudah tuangkan santan kemudian aduk dan tunggu hingga mendidih kembali dan airnya mengering.
  • Siap disajikan bersama dengan nasi hangat, sambal goreng kerecek maupun opor, dan jika ingin terlihat lebih alami sajikan dengan dialasi daun pisang yang sudah dibersihkan.

0 comments:

Post a Comment