Resep Memasak Sayur Bobor Adas Labu Siam

Sayur adas(Foeniculum vul-gare Mill) adalah salah satu jenis sayuran yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia untuk diolah menjadi beragam jenis masakan. Tanaman seperti ini konon kabarnya berasal dari Eropa Selatan dan Asia, yang kemudian tersebar diberbagai belahan dunia termasuk Indonesia, dan mampu hidup di dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 1.800 m di atas permukaan laut. Sayuran ini juga sangatlah unik jika dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya, karena sayur adas memiliki tekstur yang seperti berambut berwarna hijau segar dan terkadang ada masyarakat Jawa yang menyebutnya sebagai sayur rambut buto.

Salah satu jenis masakan khas Jawa yang sangat populer ditengah masyarakat yang terbuat dari daun adas adalah apa yang sering disebut-sebut sebagai masakan sayur bobor adas. Masakan seperti ini rasanya sangat segar dan gurih terlebih lagi pada dasarnya daun adas sendiri juga memiliki aroma harum tersendiri yang sangat khas. Selain itu masakan ini juga nikmat jika kita sajikan bersama dengan nasi putih hangat dan beberapa jenis lauk seperti ikan gereh layur asin digoreng, bandeng goreng atau pindang goreng dan juga sambal terasi bagi anda semua yang suka dengan rasa pedas.

Sayur bobor adas terkadang juga ada yang membuatnya dengan ditambahkan dengan bahan lain seperti jipang atau labu siam yang dipotong-potong, sehingga akan membuat rasanya menjadi lebih nikmat yang akan siap menggugah nafsu makan kita. Selain itu sebagai salah satu masakan tradisional Indonesia resep Sayur bobor adas juga sudah kita dapatkan secara turun temurun. Namun apabila ada diantara anda ada yang belum pernah membuatnya dan ingin mencobanya berikut adalah salah satu resep dan cara memasaknya yang bisa anda coba.
Resep
1 ikat daun adas, buang batangnya kemudian rebus hingga empuk
1 buah labu siam, kupas dan potong kecil-kecil sesuai selera
1/2 butir kelapa jadikan 2 gelas santan
2 gelas air

Bumbu
3 siung bawang putih
3 bawang merah
1 sendok kecil ketumbar
1 potong tempe busuk
Garam secukupnya
1 ruas kecil kencur
4 buah kemiri gelondong
30 gram gula merah
Vitsin secukupnya(optional bilas suka)
1 lembar daun salam
1 potong lengkuas

Cara Memasak
  • Rebuslah air hingga mendidih
  • Dilain tempat haluskan bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, ketumbar, kencur dan kemiri. Untuk tempe busuk tumbuk kasar
  • Jika sudah masukan bumbu halus diatas dan labu siam kedalam air yang sudah mendidih
  • Masukan gula merah, vitsin daun salam dan lengkuas kemudian tutup selama 5 menit
  • Aduklah dan masukan daun adas yang sudah disiapkan kedalam larutan bumbu diatas yang sudah mendidih. Tutup selama 10 menit
  • Jika sudah semuanya tinggal tuangkan 2 gelas santan, aduk sebentar dan tunggu hingga mendidih kembali dan masak.

0 comments:

Post a Comment