Resep Kuktil Buah Sederhana dan Mudah

Selain kue dan masakan di Indonesia juga banyak terdapat beragam jenis minuman tradisional yang rasanya segar dan menarik untuk dibahas. Salah satunya yang mungkin anda tidak terlalu asing dengannya adalah sebuah minuman dingin yang disebut-sebut sebagai kuktil buah yang rasanya manis dan segar. Minuman dingin seperti ini sering dibuat oleh masyarakat Indonesia ketika ada acara-acara tertentu seperti resepsi pernikahan, khitanan dan lain-lain.

Sesuai dengan namanya tentu saja jika minuman dingin ini juga terdapat beraneka macam buah didalammnya yang akan menambah kesegarannya, selain itu yang juga menjadi ciri khas dari minuman  ini adalah dalam membuatnya digunakan bahan-bahan rempah seperti kayu manis dan cengkih, sehingga tidak seperti minuman dingin pada umumnya yang dominan dengan rasa manis saja, akan tetapi kuktil buah memiliki aroma dan cita rasa khas kayu wangi yang begitu khas. 
Selain rasanya, penampilan dari minuman dingin ini juga sangat menarik, dimana buah-buahan segar seperti nanas, bengkuang, pepaya dan lain-lain dipotong kecil-kecil sehingga membuatnya terlihat berwarna-warni yang membuat orang tertarik untuk meminumannya ketika hanya melihatnya saja. Sehingga tentu saja jika minuman dari buah-buahan ini juga sangat disukai oleh masyarakat dari segala lapisan baik anak-anak hingga orang dewasa.

Dalam membuat kuktil buah sebenarnya juga mudah, sederhana dan tidak terlalu membutuhkan bahan-bahan terutama buah dengan harga yang mahal, namun tentu saja semua juga tergantung dari selera karena untuk jenis buah-buahan yang digunakan untuk membuatnya juga masih tergolong fleksibel atau bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang ingin mencoba membuatnya berikut adalah salah satu resep sederhana dan mudah yang bisa anda coba.

Bahan yang dibutuhkan
1 buah pepaya setengah matang
1 buah nanas
2 buah bengkuang ukuran sedang
500 gram kolang-kaling
500 gram gula pasir
5 cm kayu manis
10 buah cengkih kering
2 liter air
1 sendok kecil Citrun Zuur

Cara Membuat
  • Kupaslah semua buah kemudian potonglah kecil-kecil
  • Rendamlah buah pepaya dan bengkuang kedalam air yang dicampur dengan sedikit kapur sirih kira-kira 2 jam. Jika sudah tiriskan dan cuci hingga bersih agar air kapur sirihnya hilang
  • Rebus buah nanas dengan 2 liter air bersama dengan gula, kayu manis dan cengkih hingga mendidih
  • Dilain tempat rebuslah pepaya dan bengkuang sebentar, kemudian tiriskan dan dinginkan
  • Rebuslah kolang-kaling bersama pewarna hijau(optional bila suka), hingga empuk kemudian tiriskan, dinginkan dan potong menjadi dua tiap kolang-kalingnya.
  • Campurkan pepaya, bengkuang dan kolang-kaling kedalam air rebusan nanas dan gula diatas
  • Aduk sebentar dan siap disajikan bersama es batu atau serut kira-kira untuk 15 gelas.

0 comments:

Post a Comment