Resep Kue Kering Lontong Paris

Ada sebuah kue kering yang namanya sangat unik karena agak kebarat-baratan namun juga memiliki nama dengan sentuhan tradisional Indonesia. Kue ini adalah apa yang sering disebut-sebut orang sebagai kue kering lontong paris yang mungkin sebagian dari anda pernah mencicipi kelezatannya. Jika dilihat dari namanya, Paris sendiri seperti kita ketahui semua adalah ibu kota negara Perancis, namun saya sendiri tidak tahu secara pasti dan tidak menemukan sumber yang akurat apakah kue lontong paris ini memang benar-benar dari Perancis.

Kue ini memiliki bentuk memanjang seperti lontong namun ukurannya kecil-kecil, selain itu yang juga menjadi ciri khasnya pada bagian luarnya diselimuti oleh kacang cincang sehingga pada bagian luarnya kasar. Selain diselimuti oleh kacang cincang, kue ini juga dilapisi oleh karamel sehingga bisa anda bayangkan sendiri rasanya jika kue ini tentu saja sangat manis dengan aroma kacang yang akan selalu siap menggoyang lidah kita.

Kue yang memiliki rasa nikmat seperti ini juga sering ada ketika lebaran tiba, selain itu juga cukup mudah untuk bisa ditemukan ditoko-toko kue walaupun tidak dalam suasana lebaran terkadang kue seperti juga ada yang menjualnya. Mungkin ada diantara anda yang tertarik ingin mencoba membuat sendiri kue kering seperti ini, oleh karena itu  berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.


Resep
500 gram mentega
140 gram gula halus
2 butir telur
600 gram tepung terigu
4 sendok makan tepung maizena

Bahan karamel
Gula dan kacang tanah sangrai dicincang secukupnya
Air mendidih
Cara Membuat
  • Campurkan mentega dan gula halus kemudian aduk hingga benar-benar merata
  • Masukan telur kemudian diaduk
  • Masukan sedikit demi sedikit tepung terigu dan maizena sambil diaduk
  • Cetak adonan kira-kira sebesar ibu jari, kemudian letakan diatas loyang yang sudah dioles mentega
  • Masukan kedalam oven dan panggang dengan suhu 160 derajat kira-kira setengah jam hingga matang
  • Buatlah karamelnya caranya, masaklah gula dengan api kecil hingga meleleh dengan terus diaduk, kemudian tuang air mendidih sedikit demi sedikit
  • Masukan kue-kue yang sudah dipanggang didalam oven tadi kedalam larutan karamel hingga seluruh permukaan tertutup karamel tersebut
  • Jika sudah guling-gulingkan diatas kacang cincang sangrai hingga kacang menempel rata
  • Tunggu hingga dingin dan sajikan

0 comments:

Post a Comment