Resep Kue Kering Tradisional Sumpia Abon

Satu lagi kue kering tradisional Indoensia yang keberadaanya kian hari kian jarang untuk bisa kita temukan dipasaran maupun disajikan dirumah-rumah. Kue kering ini adalah apa yang dinamakan dengan Sumpia abon yang dahulu juga sering disajikan ketika lebaran tiba, yang mungkin bagi anda masyarakt tempo dulu pasti tidak asing dengannya dan pernah mencicipinya.

Kue kering ini berbentuk bulat memanjang kecil-kecil yang ada kemiripan bentuk dengan lumpia, namun tentu saja jika lumpia ukurannya besar dan basah sedangkan sumpia ukurannya kecil layaknya kue-kue kering pada umumnya. Sumpia memiliki rasa yang begitu gurih untuk kita jadikan camilan maupun hidangan tamu yaag berkunjung dirumah dan juga renyah ketika digigit, selain itu harganya juga murah yang cocok untuk masyarakat segala lapisan.

Jika demikian kue ini juga mengingatkan kita dengan kue kering tradisional lainnya yaitu pastel kering isi abon, yang sama-sama merupakan kue kering tradisional dan juga sama-sama sering ada ketika lebaran. Perberdaanya jika pastel abon tentu saja memiliki bentuk seperti pastel pada umumnya namun kering dan berukuran mini, sedangkan sumpia seperti yang kami sebut diatas yaitu berbentuk mirip lumpia kecil.

Namun sayangnya kue seperti ini sekarang sudah mulai langka terutama didaerah perkotaan, sedangkan bagi anda masyarakat tempo dulu pasti merindukannya untuk bisa mencicipinya kembali. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita membuatnya sendiri, dan berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Bahan Kulit
150 gram Tepung terigu protein sedang
40 gram tepung beras
3/4 sendok kecil baking powder   
60 ml air
Garam secukupnya

Bahan isi
250 gram abon daging sapi atau sesuai selera

Cara membuat :
  • Pertama campurkan semua bahan kulit yang sudah disiapkan kemudian aduk hinga kalis .
  • Jika sudah giling adonan tersebut dengan gilingan mi hingga tipis
  • Potong-potong adonan yang sudah tipis tiap kulit berukuran kotak 4×4 cm 
  • Jika sudah tiap kulit isilah dengan abon kemudian gulung seperti lumpia 
  • Gorenglah dengan minyak hingga matang dan kering kekuningan

0 comments:

Post a Comment