Resep Membuat Pastel Kering isi Abon

Sebagai masyarakat Indoneisia sudah pasti tahu dan pernah mencicipi apa yang dinamakan dengan kue pastel, yaitu sebuah kue yang memiliki bentuk yang cukup menarik yaitu seperti setengah lingkaran namun pada bagian sisinya dibuat bergelombang dan pada bagian perutnya membesar karena berisi macam-macam bahan yang membuat rasanya menjadi lebih enak. Kue seperti ini pada umumnya terdapat dua jenis kue yang dikenal masyarakat yaitu pastel kering dan pastel basah, namun untuk artikel kali ini kami akan membahas untuk pastel kering terlebih dahulu.

Kue pastel kering juga lebih sering dijadikan sebagai sajian ketika lebaran tiba dan harganya juga bisa dibilang lebih terjangkau dibandingakan dengan beberapa jenis kue kering lainnya. Kue ini memiliki bentuk yang kecil-kecil dan selain itu pada bagian perutnya pada umumnya berisi abon, sehingga rasanya akan sangat gurih dan sedikit manis yang membuat anak-anak hingga orang dewasa menyukai kue ini.

Namun sayangnya menurut kami kue ini sekarang agak sedikit dilupakan, hal ini karena berdasarkan dari hasil pengamatan kami selama kurang lebih 5 tahun ketika lebaran, kami mengunjungi beberapa tempat kerabat dan saudara maupun teman, tidak satupun ada yang menyuguhkan kue pastel kering. Padahal dahulu kue kering yang satu ini selalu ada dimanapun berada ketika lebaran seperti layaknya kue wajib untuk memeriahkan hari raya.
 
Hal ini mungkin masyarakat sekarang lebih menyukai trend kue kering modern hingga macam-macam jenis kue kering dengan kemasan dan merk yang jauh lebih menarik agar tidak dibilang ketinggalan jaman. Padahal kue pastel kering sangat enak tidak kalah dengan kue modern, dan jika dilihat dari segi harganya juga jauh lebih murah. Namun walaupun demikian ketika kami berkunjung ke toko kue ternyata walaupun tidak jelang lebaran kue pastel kering juga tetap ada yang menjualnya, sehingga bagi anda yang merindukannya masih tetap bisa mendapatkannya dibeberapa tempat.

Jika ada diantara anda yang ingin mencoba untuk membuat kue pastel kering sendiri, pada artikel ini kami juga akan sedikit berbagai tentang cara membuat dan resepnya. Apabila anda tertarik silahkan menyimak yang berikut ini.

Resep Kue Pastel Kering
600 gram tepung terigu
100 gram tepung kanji
2 butir telur
100 gram mentega
Abon sapi atau ayam untuk isi secukupnya sesuai selera
Garam secukupnya

Cara Membuat
1. Campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu dan kanji beserta garam, telur dan mentega, kemudian aduk adonan hingga semua rata dan kalis
2. Jika sudah biarkanlah adonan terlebih dahulu kira-kira 20 menit
3. Pipihkan adonan bisa dengan alat penggiling, kemudian cetak berbentuk lingkaran kecil-kecil
4. Tiap lingkaran-lingkaran kecil adonan pada bagian tengahnya isikan dengan abon sesuai selera kemudian tutuplah menjadi setengah lingkaran, dan pada bagian ujungnya dilipat rapat
5. Goreng semuanya pada api sedang hingga matang. 

0 comments:

Post a Comment